Artikel Piano & FAQ

Tips Membeli Piano Bekas
Jual piano bekas. Harga 30% kondisi 95%! Anda mungkin sering melihat iklan seperti ini. Baik di media cetak maupun media internet.

Memang, ada beberapa keuntungan kalau kita membeli instrumen musik bekas. Salah satunya adalah kita mungkin saja menemukan alat musik dengan kualitas yang baik pada harga yang relatif murah. Namun, jangan lupa bahwa selalu ada resiko saat kita membeli alat musik bekas. Salah satu kerugiannya adalah biasanya kita tidak mendapatkan garansi. Lain halnya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu di Showroom Butik Piano, semua piano dipastikan dalam keadaan baik dan bergaransi !!!

Kalau Anda ingin membeli sebuah piano bekas, ada sebuah nasehat sangat bagus yang bisa diberikan pada Anda: Periksa dulu piano tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membelinya! Itu sama seperti Anda tidak mungkin membeli sebuah mobil bekas tanpa mencobanya terlebih dulu kan?

Tips berikut ini bisa anda pakai kalau budget Anda hanya cukup untuk membeli piano bekas.

1. Siapa Penjualnya?
Satu pertimbangan yang biasanya akurat untuk mempertimbangkan kondisi piano tersebut adalah siapa pemilik sebelumnya. Kalau Anda membeli piano tersebut dari pengguna langsung, berarti Anda bisa bertanya mengapa dia menjual piano tersebut, berapa lama dia sudah menggunakannya, apakah dia pemegang pertama atau pembeli bekas juga, dsb.
Kalau Anda membeli dari toko, pastikan mereka bukan hanya broker yang tidak tahu apa-apa mengenai piano. Penjual seperti itu biasanya sulit menentukan apakah piano yang dijualnya memiliki kualitas yang baik atau tidak. Kebanyakan iklan piano bekas tidak menyebutkan dengan jelas apakah mereka pemilik atau bukan. Namun ada beberapa iklan yang dimuat oleh teknisi piano yang melakukan rebuild atau refurbish piano di workshop mereka. Tidak seperti toko, biasanya mereka bebas dari biaya operasional toko atau pun biaya-biaya overhead lain. Dengan demikian, harga mereka bisa menjadi sangat kompetitif. Jumlah biaya yang dibutuhkan untuk proses rebuilding dan mengganti komponen yang aus sangat bervariasi, satu teknisi bisa berbeda dengan teknisi lainnya.
Tapi yang pasti, dengan membeli pada teknisi yang mengerti isi piano, akan memberikan jaminan bahwa piano bekas yang anda beli berada dalam kondisi yang prima.
Tapi jangan lupa: Lihat sebelum Membeli!

2. Kondisi Fisik
Seandainya memungkinkan, Anda sebaiknya bertanya dulu kepada orang yang mengerti tentang alat musik piano sebelum melihatnya. Dengan demikian Anda sudah punya bayangan apa yang harus dicek pada piano yang akan Anda lihat.
Kebanyakan orang membeli piano hanya dengan mempertimbangkan suaranya saja, tanpa pernah memikirkan mekanisme pengontrol di balik delapan puluh delapan tuts tersebut. Mekanisme ini bisa menjadi aus dan harus diganti. Pastikan bahwa jeroan piano tersebut masih dalam kondisi prima. Beda dengan violin atau gitar, string pada piano memberikan tekanan yang jauh lebih besar pada soundboardnya, bridges dan blok-blok pinnya. Seandainya bisa, mintalah untuk melihat part-part dalam piano tersebut.

3. Nilai uang Anda
Pastikan uang yang Anda keluarkan memang untuk membeli instrumen musik yang layak. Jangan lupa, piano juga akan menjadi salah satu perabotan Anda. Piano itu akan menjadi bagian dari anggota keluarga perabotan ruang tamu Anda. Kalau Anda menyukai perabotan klasik, Anda mungkin akan cocok dengan piano yang dibuat di tahun 1920an. Kalau Anda beruntung, Anda bisa saja mendapatkan piano bekas dengan bentuk klasik namun dengan kondisi jeroan yang prima. Beberapa merk piano sangat mementingkan nilai artistik dari kreasi mereka.

Hal yang menggembirakan, teknologi dan komponen pembuatan piano tidak banyak berubah dalam seratus tahun belakangan ini, jadi komponen-komponen piano tua tersebut masih banyak tersedia di pasar. Dan di tangan seorang teknisi atau rebuilder yang baik, tuts-tuts piano klasik tua masih terasa empuk dan mantap di ujung jari, dan menjadi instrumen musik yang mengeluarkan nada-nada yang nyaman di telinga.

Selamat hunting calon piano Anda!
www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Berbagi Tips...
Cara mendeteksi tanda-tanda kerusakan piano bag.1,
Mendeteksi tanda-tanda kerusakan piano dari eksterior piano

Eksterior piano berperan besar dalam kualitas musik. Kerusakan eksterior tidak hanya akan mengurangi nilai estetika piano, tetapi juga dapat menunjukkan masalah interior. Tanda-tanda kerusakan:

1. Tombol piano yang terkikis
Tombol piano kerap ditekan dalam permainan. Jika keyboard terlihat aus, mungkin mengalami masalah serius di dalam. Tekan setiap tombol beberapa kali. Pada waktu menguji panjang dan volume suara, perhatikan hal-hal berikut:

Suara berdengung dan getaran aneh.
Nada yang tidak panjang semestinya.
Nada yang Off-pitch
Kunci yang terdengar seperti dua nada terdengar sekaligus.
Nada yang sama sekali tidak terdengar.

2. Retakan di piano
Warna memudar dan retakan pada piano sering disebabkan oleh kelembaban. Jika kerusakan oleh kelembaban telah mempengaruhi eksterior kayu, Anda dapat dengan berasumsi bahwa interior kayu telah rapuh. Periksa semua sisi piano untuk retak, goresan, warna memudar akibat sinar matahari, kayu yang berubah bentuk dan melengkung, ini semua bisa mengurangi kualitas suara.

3. Tidak merespons pedal piano
Pedal piano yang telah rusak memiliki kemungkinan terlepas dari bagian sekitarnya; pedal yang tidak bergerak sama sekali merupakan masalah yang lebih besar. Uji masing-masing pedal dengan keyboard – bahkan jika Anda tidak tahu fungsi pedal kaki – dan pastikan mereka menghasilkan nada yang bersih seimbang.
Tidak berencana untuk menggunakan pedal? Perhatikan mereka juga. Jika ada sesuatu yang tidak beres di belakang pedal Anda dan daerah lain dari piano mungkin menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Cara mendeteksi tanda-tanda kerusakan piano bag.2,
Mendeteksi tanda-tanda kerusakan piano dari interior piano

Interior piano dapat menunjukkan kerusakan lebih parah dari yang lain. Keausan adalah normal, tetapi masalah berikut menunjukkan kurangnya pemeliharaan:

1. Kerusakan papan suara
papan suara adalah sepotong kayu besar di bawah sebuah piano grand, dan di bagian belakang upright. Celah dari papan suara mengubah timbre piano, dan dapat menyebabkan dengung aneh dan suara berderik.

Periksa jika ada tulang kayu (ribs) yang terlepas dari papan suara. Jika hal ini terjadi, akan terjadi getaran dua nada, jadi perhatikan sekalipun jika ada dengungan kecil waktu tombol ditekan.

Periksa potongan kayu (bridge) yang mengangkat senar. Apakah bridge ini retak, tidak merata, atau terlepas dari papan suara, akan ada dengungan, dan kerusakan yang lebih parah akan terjadi.

2. Kerusakan Pinblock
pinblock adalah sepotong kayu di dekat bridge yang menahan pin tuning tetap berada di tempatnya. Jika kayunya rusak, pin tuning dapat menjadi longgar, menyebabkan suara berdengung dan pitch buruk.

Dengarkan kunci yang mengeluarkan dua suara atau lebih pada waktu bersamaan. Tombol Piano biasanya melekat pada dua atau tiga senar, dan kerusakan pinblock dapat memungkinkan hanya satu dari senar yang mengeluarkan nada, menyebabkan dua pitch yang berbeda.

Amati kualitas kayu di pinblock, dan pastikan tidak ada retak atau pecah. Periksa pin tuning yang longgar, dan periksa pinblock dan senar yang berkarat.

3. Kain felt di Hammers yang robek
Setiap hammerhead terlindung dalam kain felt, kain felt yang robek dapat mengganggu timbre piano. Perhatikan jika ada kayu yang keluar dari kain felt. Mainkan setiap tombol, dan dengarkan nada yang keras dan kaku, terutama di tombol treble. Jangan mencoba untuk mengelem kembali kain felt; Kain felt di press melekat pada hammer dengan tekanan berton-ton.

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Panduan / Tips menjual atau tukar tambah piano bekas
Ada kalanya kita ingin menjual piano, baik untuk keperluan upgrade piano, tukar tambah maupun keperluan lainnya.

Berikut adalah tips menjual atau tukar tambah piano bekas, pertanyaanya adalah dimana dan bagaimana?

1. Pasang Iklan – Anda dapat pasang iklan baris dalam surat kabar harian atau mingguan, majalah mingguan lokal, Pasang iklan dengan judul “jual piano bekas” atau “Tukar Tambah Piano” di iklan baris. Iklan jual piano bekas atau tukar tambah piano akan mudah menarik pembeli yang memang membutuhkan.

Iklan dari mulut ke mulut, atau selembar kertas pemberitahuan disertai nomor telepon yang ditempelkan di jalan raya, binatu, toko kelontong, kedai kopi, perpustakaan atau tempat umum di mana orang mungkin berkumpul melihat iklan Anda. Isi tulisan contohnya “Jual atau tukar tambah piano bekas harga murah” atau “jual piano bekas kondisi ok harga murah”.

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan dari penelepon, seperti: Apa merek piano? Apa ukurannya ?
Kondisi bagaimana? Berapa umurnya? Kapan terakhir disetel? Apa ada bagian yang harus diperbaiki?

Setelah deal di telepon, calon pembeli akan datang melihat kondisi piano. Anda harus menyediakan waktu luang melayani calon pembeli yang ingin datang melihat kondisi piano. Biasanya akan memakan waktu lebih lama, dan bisa berkali-kali calon pembeli datang untuk melihat. Jika terjadi deal transaksi, akan sedikit repot dalam hal pemindahan piano, mengingat ukuran piano yang sangat berat dan besar, sehingga susah dipindahkan oleh orang yang tidak berpengalaman.

2. Cari dealer piano bekas atau baru – jika anda mencari di website, anda akan menemukan dealer piano yang mungkin tertarik. iklan mereka akan mengatakan sesuatu seperti: “Kami beli piano bekas dalam kondisi baik” atau “Beli piano bekas dengan harga tinggi” atau “tukar tambah piano”.

Jika Anda menjual piano atau tukar tambah dengan maksud upgrade ke yang lebih baik, dealer piano bisa menawarkan beragam pilihan piano berkualitas, piano yang anda jual akan dihargai dan dinilai sesuai kondisi piano. Selain itu tidak perlu repot dalam pemindahan, karena mereka telah terlatih memindahkan piano.

Untuk solusi satu ini, jika anda ingin jual, beli atau tukar tambah piano, silahkan hubungi Butik Piano,

BERAPAKAH HARGA PIANO YANG LAYAK UNTUK DIJUAL?

Untuk mengetahui harga pasar piano, Anda dapat meminta teknisi piano menilai harga pasarnya. Ini adalah cara yang paling akurat untuk menentukan nilai suatu piano, karena tergantung pada usia piano, kondisi kabinet, struktur dan bagian dalam, dan pasaran harga jual piano bekas di daerah Anda.

TIPS MENJUAL ATAU TUKAR TAMBAH PIANO BEKAS

. 1 Service piano Anda dan pastikan semuanya dengan baik sebelum Anda memasang iklan – ini adalah hal yang sangat sederhana yang kebanyakan orang mengabaikannya. Anda mungkin berpikir: mengapa saya harus membayar untuk service piano bekas jika piano itu akan dijual?

Berikut ini alasannya: agar Anda dapat menjual piano bekas lebih cepat! karena biasanya calon pembeli tidak mau membeli jika piano belum diservice.

Kebanyakan orang yang membeli piano bekas hanya tahu sedikit tentang aspek-aspek teknis, ketika mereka menemukan piano yang tidak selaras atau memiliki beberapa tombol yang tidak cukup bekerja dengan baik, mereka tidak yakin apakah masalah tersebut besar atau kecil, atau bagaimana piano suara piano setelah di service. Calon pembeli potensial sering batal membeli piano karena masalah yang relatif tidak signifikan.

Setelah piano sudah diservice dan telah disetel dengan baik, Anda akan menghilangkan masalah yang mungkin timbul yang dapat membatalkan pembelian. Pemilik Piano yang melakukan hal ini selalu dapat menjual piano mereka lebih cepat.

. 2 Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan dari penelepon, seperti: Apa mereknya? Apa ukurannya ?
Kondisi bagaimana? Berapa umurnya? Kapan terakhir disetel? Apa ada bagian yang harus diperbaiki? Apa alasan Anda menjual piano bekas?

. 3 Apakah ada bonus yang mungkin datang dengan piano Anda? – bangku yang serasi? pelindung lantai? Beberapa lembaran musik yang tidak anda gunakan? Mungkin metronom jika Anda tidak akan membutuhkannya lagi?

Bonus-bonus ini dapat membantu menjual piano bekas.

. 4 Letakkan piano Anda dalam lingkungan yang sesuai:

Presentasi
- Debu, bersihkan dan gosok kabinet dan tombol piano
- Pindahkan semua barang dari atas piano (pembeli mungkin ingin melihat ke dalam dan akses dari atas)
- Pastikan ada pencahayaan yang cukup sehingga pembeli dapat memeriksa kondisi piano, dan dapat melihat piano yang mereka mainkan.
- Coba dan buat ruangan tempat piano semenarik mungkin.

Kenyamanan
- Kosongkan ruang di sekitar piano sehingga pembeli dapat menarik bangku, duduk dan bermain atau melihat di balik piano tanpa mendapatkan halangan di sekitar.
- Ruangan disetel pada suhu yang nyaman. Sebuah piano di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin tidak hanya akan membuat pembeli tidak nyaman, tetapi juga dapat membuat mereka bertanya-tanya apakah piano telah mengalami perubahan besar dalam suhu dan kelembaban (musuh terbesar piano).

Privasi & Keheningan
- Pembeli dapat berkonsentrasi, dan mendengar suara piano dan mereka dapat memikirkan untuk mengambil keputusan pembelian piano bekas. Suara anak-anak bermain, anjing menggonggong, televisi atau radio, atau suara lain apapun harus tidak ada.
- Setelah menjawab pertanyaan pembeli, Biarkan mereka sendiri untuk beberapa saat sehingga mereka dapat bermain piano dan berpikir. Biarkan mereka sendiri beberapa saat sampai mereka memanggil Anda ketika mereka siap.

. 5 Apakah Anda meminta harga yang realistis? – jika Anda sudah mengikuti semua tips di atas dan masih tidak bisa menarik pembeli, mungkin harga piano yang anda minta tidak sesuai dengan harga pasar.

Jika anda ingin jual, beli atau tukar tambah piano, silahkan hubungi  www.butikpiano.com , kami akan memberi yang terbaik.

Temmy - 08118689987

Berapakah harga piano dan nilainya?

Artikel ini untuk membantu Anda menentukan harga piano dan nilai piano.

Berapa harga piano yang wajar?

Sesuatu yang berharga hanya sebatas seseorang yang bersedia untuk membayarnya. Harga piano sangat bervariasi tergantung pada daerah dan situasi tertentu.

Harga piano juga sangat tergantung pada bagaimana pengetahuan penjual dan pembeli. Untuk setiap piano, ada apa yang akan saya sebut “nilai informasi” dan “nilai acuh.” Nilai informasi memperhitungkan kualitas teknis dan kondisi piano, sedangkan nilai acuh, yang terutama didasarkan pada penampilan luar piano. Sayangnya, nilai acuh lebih sering dijadikan patokan untuk harga piano.

Biarkan pembeli memahami
Dalam kebanyakan transaksi, penjual belum memahami tentang apa arti nilai piano, dan harga piano yang ditawarkan amat berlebihan, sering didasarkan pada pertimbangan seperti “Paman Joe menyukai piano ini, dan dia bermain sepanjang hidupnya, sehingga pastilah instrumen yang bagus. ” Dalam kasus ini, ada banyak peluang untuk bernegosiasi. Jika piano butuh perbaikan yang cukup besar, minta teknisi untuk memberitahu Anda masalah ini di depan penjual, karena akan memperbaiki posisi tawar Anda. Bahkan jika penjual tahu nilai informasi dari instrumen, harga piano yang diminta biasanya lebih tinggi dari nilai sebenarnya, dan Anda biasanya Anda setuju dengan harga 10 sampai 30 persen lebih murah.

Harga piano
Harga piano ditentukan dari berbagai sisi. Baik dari segi usia, pembuat, dan jenis piano.

Tapi Ini adalah barang antik!
Orang sering bertanya apakah piano ini berharga karena merupakan barang “antik”. Jawaban dalam banyak kasus tidak. karena sebuah piano tua biasanya hanyalah sebuah piano tua. Piano terdiri dari ribuan mekanis yang bergerak, untuk restorasi (perbaikan piano) untuk kembali ke kondisi asli membutuhkan teknisi piano yang terampil, membutuhkan waktu yang sangat panjang dan membutuhkan komponen pengganti yang sesuai. Untuk itu carilah penjual yang sudah berpengalaman lama dan mempunyai teknisi yang sangat terampil. Sebagai informasi, Rumah Piano sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan mempunyai teknisi yang sangat terampil.

Haruskah saya investasikan Uang?
Dalam beberapa hal sebaiknya dipertimbangkan untuk tidak memperbaiki sebuah piano yang sudah sangat tua. Misalnya jika piano tua sudah berumur 100 tahun. Lebih baik membeli piano lain yang berumur lebih muda ataupun membeli piano baru di Butik Piano. Karena nilai perbaikan sebuah piano yang sudah sangat tua hampir sama dengan apabila membeli sebuah piano upright yang berumur lebih muda. Sebagai informasi tambahan, Butik Piano menjual piano yang kondisinya masih sangat bagus, layak pakai dan berkualitas bagus dari berbagai merek piano. Setiap piano sudah dicek kondisinya baik luar piano maupun isi dalam piano, dipastikan bahwa setiap piano yang dijual dalam kondisi prima.

Tanya ahli Tuner / Teknisi
Meskipun masih mungkin untuk menemukan piano yang dibuat lebih dari 60 tahun yang lalu yang masih dalam kondisi bagus untuk dimainkan, kami akan merekomendasikan mendengar pendapat ahli tuner piano berkualitas / teknisi sebelum memperbaiki piano. Periode 1900-1930 adalah masa kejayaan manufaktur piano dimana saat itu banyak piano bagus yang dibuat. Piano dari periode ini banyak yang masih terpelihara dengan baik, atau dalam kondisi restorable (dapat diperbaiki). Tanya pendapat ahli tuner piano / teknisi ahli sebelum memutuskan untuk memperbaiki.

www.butikpiano.com

Temmy 08118689987

Sejarah piano dari periode penemuan piano sampai zaman modern.

DARI AWAL WAKTU
Instrumen petik pertama adalah kecapi, di mana senar dipetik.

Sekitar pertengahan abad kedua belas ditemukan kunci monochord, yang dikembangkan lebih lanjut, beberapa senar ditambahkan sampai akhirnya kita mengenali Clavichord.

Menjelang 1350 atau pertengahan abad keempat belas pandai besi Jerman mulai membuat kawat melalui pelat baja, dan metode ini berlanjut sampai awal abad kesembilan belas. Besi, emas, perak, kuningan, usus, rambut kuda dan terakhir nylon digunakan sebagai bahan senar pada berbagai instrumen yang berbeda. Penggunaan awal dari kawat baja muncul pada tahun 1735 di Wales. Perusahaan piano Broadwood menjelaskan bahwa mereka menggunakan kawat baja pada 1815 dari Jerman dan Inggris, tetapi hal ini belum dikonfirmasi. Menurut Oxford Companion, Pada tahun 1819 Brockedon mulai membuat kawat baja melalui lubang di berlian dan rubi. Sebelum 1834 kawat untuk instrumen dibuat dari besi atau kuningan sampai Webster dari Birmingham memperkenalkan kawat baja. Kawat terbaik dikatakan dibuat di Nuremberg dan kemudian dari Berlin. Kawat telah berlapis emas, perak, dan platinum untuk menghentikan karat dan kawat berlapis masih bisa dibeli, tetapi kawat yang dipoles adalah yang terbaik.

Sekitar 1400 Clavichord memiliki sekitar sepuluh string. Clavichord paling sederhana dan biasanya yang terkecil dari instrumen keyboard string. Ini lebih mirip kotak dengan keyboard dengan string horizontal ditempatkan paralel pada sisinya. String dipukul dari bawah oleh potongan kecil dari logam berbentuk obeng.

Sejak sekitar 1450 keyboard hampir tetap sama, kecuali sedikit variasi dalam warna kunci. Organ adalah instrumen keyboard pertama yang berat dengan tuts yang sangat bervariasi sejak awal, kunci sangat berat yang disebut pemainnya “Organ Beaters.” Sekitar abad ketiga belas atau keempat belas, keyboard diletakkan menurut modus alami yang mana merupakan dasar dari sistem musik.

1598
Paladino menjelaskan instrumen yang dibuatnya pada surat kepada Duke of Modena, yang disebut “Piano e Forte.” Meskipun instrumen ini dapat lembut dan keras, tidak jelas apakah itu adalah tipe harpsichord yang pas dengan perangkat atau piano pemukul.

1709
Tahun 1709 adalah salah satu sumber yang paling memberikan untuk munculnya instrumen yang benar-benar dapat disebut “Pianoforte.” Penulis Scipione Maffei menulis sebuah artikel tahun itu tentang pianoforte yang diciptakan oleh Bartolomeo Cristofori (1655-1732), yang mungkin memproduksi empat “gravicembali col piano e forte” atau harpsichord dengan lembut dan keras. Instrumen ini menampilkan pencapaian nyata pertama mekanisme dan sering disebut “palu harpsichord.” Palu kecil terbuat dari kulit tertutup.

1711
John Shore adalah penemu garpu tala. Shore merancang garpu tala untuk membantu dia menyetel kecapinya. Dia meninggal pada 1752.

1725
Johann Ulrich von Konig, penyair pengadilan di Dresden, mempublikasikan terjemahan artikel Maffei ‘s pada piano Cristofori dan dalam setahun pembuat clavichord Gottfried Silberman (1683-1753) membuat dua piano tersebut. Disini piano tidak diterima dengan sangat antusias. Bach teman dekat Silberman tidak menyukai piano saat pertama kalinya, tetapi opininya kemudian berubah. Christian Ernst Friederici, murid dari Silberman, melanjutkan percobaan pada piano dan membuat piano kecil berbentuk kotak yang terbilang sukses, ia menamai pianonya “Fortbien”. Kemudian Friederici mulai memproduksi “pyramid” piano dimana piano diatur secara vertikal, dengan kurva treble pada sisi atas dan merengkuh pasak-pasak di bagian bawah.

Setelah akhir Perang Tujuh Tahun di Germany tahun 1760 piano menjadi begitu populer. Ini karena dua belas pembuat instrumen datang ke Inggris, mereka dikenal sebagai “dua belas rasul”. Johann Christoph Zumpe adalah salah satu dari mereka. Buntebart, yang juga murid dari Silberman datang ke Inggris, dan ia pertama kali bekerja dengan Shudi seorang pembuat harpsichord terkenal.

1730
Menurut Pierce Piano Atlas Perusahaan pembuat piano Kirkman didirikan pada 1730. Kirkman mewarisi bisnis dari istri Tabel, yang dinikahinya satu bulan setelah kematian Tabel. Tabel adalah pembuat harpsichord yang diajari oleh Ruckers. Dia datang ke London pada 1680 dan memulai membuat harpsichord. Kirkman Abraham, yang lahir tahun 1710 di Bischweiler dekat Strasbourg, datang untuk bekerja pada Tabel. Pada 1742 ia pindah ke Great Pulteney Street.

1735
JC Bach lahir pada 1735. Pada tahun yang sama, menurut Pierce, Schiedmayer membuat piano pertamanya. Sebelum itu dia adalah seorang pembuat clavichord. Ia lahir pada 1711 dan meninggal di Erlangen pada 1781. Dia memiliki tiga putra, dua di antaranya membuat piano sekitar 1790, nama mereka Adam Schiedmayer dan David Schiedmayer. Kemudian, sekitar tahun 1853, mereka menjadi perusahaan tunggal.

1739
Ini bisa menjadi tanggal untuk piano pertama, yang dibuat oleh Domenico del Mela, yang lebih mirip sebuah piano upright seperti yang kita kenal hari ini atau yang dibuat oleh Hawkins pada tahun 1800.

1748
Stein menjadi murid Silberman dan dia bersamanya sampai Juni, 1749. Pada 1760 dia menikah dan memiliki lima belas anak. Salah satu anaknya bernama Nanette Stein adalah murid terbaiknya. David Schiedmayer juga belajar di bawah dia. Stein melakukan banyak riset dan mengembangkan beberapa pola yang aneh.

1750
Thomas Culliford, 112 Cheapside London, membuka usaha pembuatan pianonya pada semester akhir abad kedelapan belas. Dia juga bekerja untuk Longman & Broderip untuk sementara waktu.

1752
Clementi lahir di Roma, anak dari pengrajin perak. Pada 1766, ketika dia berusia empat belas, ia datang ke Inggris dan tinggal di Wiltshire dibawah pengawasan Petrus Beckford. Dia membuat debut di London pada tahun 1801. Clementi mempublikasikan metode piano yang sangat tinggi dimana Beethoven disahkan, mengirim murid-muridnya kepada Clementi.

1756
WA Mozart lahir.

1760
Christian Ernst Friederici mulai berdiri sendiri. CPE Bach menulis sebuah surat kepada Forkel pada 10 November 1773, menyatakan bahwa ia menyukai clavichor Friederici daripada yang dibuat oleh Fritz. Friederici kemudian membuat piano-piano kecil berbentuk kotak yang menjadi sangat populer.

1761
Pada bulan September John Broadwood memulai pekerjaannya untuk Burkat Shudi.

1761
JC Zumpe adalah orang Jerman yang magang dengan Silberman. Dia juga bekerja untuk Shudi membuat harpsichord untuk sementara waktu. Pada 1761 dia mendirikan bengkelnya di 7 Princess Street, Hanover Square, London, di mana ia bekerja sampai 1780. Dari 1780 sampai 1784 dia ada di Princess Street, Cavendish Square. Dia dalam kemitraan Buntebart dari 1769 sampai 1779. Ada kombinasi piano / organ di Musée des Arts et Metiers di Paris, dengan nama Zumpe dan Buntebart. Aksi piano kotak Zumpe sangat sederhana dan telah disebut “kepala pria tua” atau “tongkat pel tindakan tunggal.” Kepala palu dimasukkan ke string dengan bantalan dari kulit tetap ke ujung kabel kuningan tebal dimasukkan ke punggung kunci. Pada sisi kiri dari instrumen ada penghentian atau peningkatan semua dampers atau dua tangan berhenti untuk meningkatkan seksi treble dan bass secara bebas. Piano dibuat oleh Zumpe tahun 1766 dengan catatan dibagi menjadi dua bagian, mengontrol senar-senar yang berbeda, untuk memungkinkan penyetelan suara tajam sebagai kres dan mol sebagai flat. Zumpe menyewa pembuat cabinet Skotlandia, John Broadwood yang datang ke London untuk mencoba peruntungannya. Tahun 1769 ia menikahi Barbara, anak dari Shudi pembuat harpsichord dimana Zumpe digunakan untuk bekerja. Pada tahun 1763 iklan pertama untuk piano di Inggris diambil oleh Zumpe.

1770
Beethoven lahir.

1771
Robert Stodard mempatenkan nama “Grand” untuk instrumennya.

1777
Erard membuat piano pertamanya di Prancis. Dia kemudian pindah ke Inggris dimana ia tinggal sampai 1796. Dia kemudian kembali ke Prancis dan pada tahun 1802 membuka pabrik nya Paris.

1779
Membuat piano didirikan di Estonia. ini adalah toko-toko kerajinan kecil jantan sekitar 20, kemudian mereka menjadi perusahaan bernama Estonia yang dimulai pada tahun 1893.

1787
Pascal Taskin mengembangkan bentuk string kembali. Taskin menggunakan pasak yang merengkuh skrup di dalam bentuk loop metal, dimana senar berlalu. Salah satu ujung dari loop melewati blok kayu sedemikian rupa sehingga dapat dipindahkan ke belakang atau ke depan dengan cara gila. Metode ini adalah produk yang mahal dan tidak banyak digunakan, tidak seperti sistem James Stewart yang diciptakan pada tahun 1827, yang masih digunakan sampai sekarang oleh para pembuat piano.

1790
James Ball mulai membuat piano di Duke street, London, dan aktif sampai tahun 1817.

1801
Edward Riley memperoleh paten untuk piano transposing, di mana keyboard bergerak lateral, tuts bekerja catatan yang berbeda. Pada tahun yang sama Jacob Ball membuat piano transposing, yang katanya masih ada.

1810
Piano Chappell dari London didirikan. Perusahaan juga membuat piano Elysian yang sekarang dibuat oleh Young Chang.

1811
Samuel Chappell, Francis Tattor, dan John Baptist Cramer membentuk mempublikasikan firma Chappell & Co pada 1 Januari 1811. Cramer tersisa di 1813 dan Chappell dikatakan telah membubarkan kemitraan keseluruhan pada tahun 1825. Salah satu sumber mengklaim bahwa Cramer terlarut kemitraan pada akhir perjanjian tujuh-tahun di 1818. Chappell mengajak putra tertuanya, William masuk dalam usaha, dan ia menjadi direktur perusahaan ketika ayahnya meninggal pada tahun 1834, meskipun ibunya yang luar biasa William menjadi manajer. Putra kedua, Thomas, 1819-1902, meninggalkan sekolah untuk bergabung dengan ayahnya ketika ia menjadi buta menjelang akhir hidupnya. Cramer dilahirkan di Mannheim pada 1771 dan meninggal di Inggris pada tahun 1858. Clementi mengajarinya dan di tahun 1793 dia memberikan penampilan publik pertamanya dengan menggunakan piano Broadwood. Dia menjadi terkenal karena permainannya dan mendapat julukan “Glorious John.” Salah satu muridnya yang lebih terkenal adalah George Smart. Setelah bekerja untuk Chappell, Cramer mulai mempublikasikan sendiri. Seperti Chappell pada saat itu nama perusahaan terkait dengan membuat piano. Sejumlah pembuat piano dan organ pembangun baik cetak dan diterbitkan musik pada waktu yang sama.

1825
Pierre Erard mematenkan di Inggris metode memperbaiki bar logam untuk mematri dengan menggunakan baut, yang melewati lubang dipotong di papan suara. Bingkai besi grand modern terpasang dengan cara yang sama dan meskipun bar Broadwood digunakan dari tahun 1808 selalu ada kontroversi siapa yang pertama kali, karena Broadwood tidak mematenkan palang metal yang dikombinasikan piringan senar dari metal sampai 1826 .

1825
Babcock (1785-1842) dipatenkan rangka besi penuh, yang pada awalnya tidak sepenuhnya berhasil tapi masih sebuah perkembangan penting.

1826
Robert Warnum dipatenkan aksi pita-cek, yang mirip dengan peredam. Ia juga mengambil paten untuk merangkai diagonal. Dari 1810-1812 ia berpartner dengan George Wilkinson di 315 Oxford Street dan 11 Princess Street. Wilkinson kemudian bekerja untuk Broderip setelah ini.

1827
James Stewart, partner pertama Chickering, string kembali dipasang, tidak hanya untuk bichords baja tetapi juga di bagian treble.

1827
Thomas Loud di Amerika membuat down-mencolok besar pertama. Lokakarya-Nya berada di 22 Devonshire Street, Queens Square, London, dari 1802 sampai 1825 ketika ia pindah ke Amerika Serikat.

1828
WH Barnes mendirikan dan juga menjual piano dengan nama Normelle, Osbert dan D’Almaine. Kemudian dalam tahun 1900 mereka menggunakan nama Kemble dan Monington.

1828
Rushworth yang didirikan oleh William Rushworth, organ pipa pembangun di Yorkshire. Pada akhir 1800-an perusahaan itu pindah ke Liverpool. Tampaknya permulaannya sebuah piano di jual dari kantor, hampir secara kebetulan, dan kemudian mereka memutuskan menjual piano kepada masyarakat umum. Piano pertama dibuat oleh Clarence Lyon dari London, dan tidak lama setelah itu Rushworth mulai memproduksi piano-piano klasik British terkenal di dunia, yang sekarang dalam generasi kelima di bawah kepemimpinan Alastair Rushworth. dan menjadi pembuat organ terbesar di Inggris. Sekitar tahun 1921 Rushworth juga memiliki piano-piano dari Squire & Longsons.

Pada tahun 1969 produksi piano terhenti di St Anne Street. kemuadian mereka berkonsentrasi membangun organ.

1828
Palu cat-ditutupi dengan bulu kelinci dan wol domba merasa digunakan. Ini juga bisa saja ketika dua lapisan merasa digunakan. Kulit rusa masih umum digunakan untuk treble atas.

1828
Perusahaan piano Bösendorfer didirikan di Vienna. Bösendorfer Ignaz (1794-1859) diberi hak untuk perdagangan sebagai pembuat piano.

1829
Rawler membuat piano upright peredam di bawah yang pertama. Tingginya sekitar satu meter.

1829
Squire & Longson, London, didirikan. Pada tahun 1938 terjadi kebakaran di pabrik, dan kemudinan Kemble membeli namanya dan menghasilkan piano dengan nama Squire & Longson sampai tahun 1970-an. Tenaga kerja diambil oleh Maxwell & Codd Whelpdale Ltd untuk membuat Welmar.

1829
B. Squire didirikan. Pada tahun 1936 Kemble mengambil alih produksi.

1830
Friedrich Grotrian, meninggalkan Jerman untuk mendirikan sebuah bisnis musik di Moskow. Ia kembali 25 tahun kemudian seorang pengusaha kaya dan menjadi mitra dari sebuah pabrik piano Grotrian-Steinweg. Pada tahun 1865 keluarga Grotrian mengambil alih sisa saham perusahaan

1830
Claude Montal (1800-1865) memulai karirnya di Paris sebagai penyetel piano buta pertama. Dia adalah putra pembuat pelana dan kehilangan penglihatannya saat sakit tifus pada usia enam tahun. Orang tuanya mengirimnya ke sekolah biasa, tapi kemudian dia dididik Royal Institute untuk orang buta di Paris. Pada tahun 1834 ia menerbitkan sebuah judul buku “Cara Tune Piano Anda sendiri” dan kemudian membuka toko dan workshop sendiri.

1830
Chickering membuat bingkai satu-sepotong besi untuk grand dan dipatenkan di tahun 1843.

1830
Ada sekitar lima puluh pembuat piano di London pada saat itu.

1831
William Allen mempatenkan rangka besi cor.

1831
Perusahaan dari Richard Lipp, Stuttgart, didirikan.

1832
Samuel, Barnet & Sons, London, didirikan.

1835
Wilke Breslau menciptakan palu pertama yang mencakup mesin.

John Strohmenger dari London didirikan. Pada tahun 1938 Chappell membelinya.

1835
Grotrian-Steinweg piano didirikan oleh Friedrich Grotrian (1803-1860).

1836
John Brinsmead membuktikan dirinya sebagai pembuat piano di London.

1836
Steinweg membuat piano grand di German dan kemudian pindah ke Amerika pada tahun 1853 nama perusahaan diubah menjadi Steinway.

1836
Tate menggunakan rel setengah-pukulan.

1836
Wheatley Kirk dipatenkan bingkai besi pertama yang lengkap untuk piano upright.

1837
Piano Allison, 29 Berners Street, London, didirikan. Tempat lain dari perusahaan itu pada 49 Wardour Street, Soho, London (1839), dan 75 Dean Street (1846), juga di Soho.

1838
Moore & Moore dari London didirikan. Perusahaan ini diambil alih oleh yang Kemble pada tahun 1933.

1839
Hallet & Davis, Boston, USA didirikan.

1840
Perusahaan Allison didirikan.

1840
Antoine-Jean Bord dari Paris (1814-1888), mulai membuat piano-piano. Pada satu waktu mereka adalah produsen terbesar di Perancis dengan produksi 4.000 instrumen.

1840
J. dan C. Fischer mulai membuat piano-piano di New York, Amerika Serikat.

1842
Organ St Nicholas di Newcastle-upon-Tyne disetel ke temperamen equal. Hal ini diyakini telah organ pertama yang disetel dalam temperamen yang sama di Inggris.

1842
Yohanes toilet membuat piano dengan dua soundboards. Masing-masing tulang rusuk Soundboard tiga belas untuk mendukung itu, dan suara adalah ditransmisikan dari papan suara atas ke bawah Soundboard melalui sebuah jembatan kedua.

1842
George Russell didirikan di London. Alamat terakhir yang diketahui bagi perusahaan berada di 2 Stanhope St, London. Dari sekitar 1936 Cramer membuat piano, dan nomor serinya setelah tahun itu adalah dari Cramer. Sebuah contoh dari 1939 akan menjadi nomor 128750, dan satu awal dari sekitar tahun 1900 akan menjadi nomor 16499.

1842
Strich & Ziedler, New York, Amerika Serikat, didirikan.

1843
Bord dari Paris digunakan bar tasto, yang merupakan jenis bar tekanan.

1843
George Rogers dari London didirikan. Kemudian Bechstein menugaskan mereka untuk membangun London membuat piano Bechstein di awal 1890-an. Rogers bergabung dengan Hopkinson tahun 1918 dan keduanya diambil alih oleh Zender pada tahun 1963.

1843
Co-Op didirikan pada 1 Desember di Toad Lane, Rochdale. Sekitar enam tahun kemudian piano pertama dijual ke seorang pria menggunakan keuntungannya dari “Divi.” Pemandangan dari piano dibawa ke pondok belum pernah dilihat sebelumnya di Rochdale. Co-Op menjadi pabrik piano dan menjual piano dengan merek Amyl, Amylette, dan Co-Op. Pabrik produksinya di Birmingham.

1844
Schwander membuka pabrik piano tindakannya. Anak mertua Herrburger Nya menggantikan dia dan akhirnya Brooks mengambil alih, sehingga Herrburger Brooks.

1845
Ronisch didirikan, pertama di Dresden dan kemudian di Leipzig.

1851
Periode piano klasik yang lebih modern, penggunaan frame besi lebih besar.

1852
Chickering & Sons, Piano Makers, membuka pabrik di Boston, Amerika Serikat.

1852
Albert Weber dilahirkan di Bavaria pada 8 Juli 1828. Pada tahun 1852 ia mendirikan Piano Company di Manhattan Weber, New York. Pada tahun 1869 perusahaan membuka tempat baru di lokasi pusat kota di Fifth Avenue dan Sixteenth Street, di New York. Pada tahun 1903 Perusahaan Aeolian New York diperoleh Weber. Pada sekitar waktu ini mereka juga membuka sebuah pabrik di Hayes, Inggris. Pada tahun 1985 pabrik piano Aeolian ditutup. Perusahaan Wurlitzer membeli nama Weber, tetapi mereka tidak pernah membuat piano dengan nama itu. Pada tahun 1986 mereka menjual nama Young Chang, yang mulai memproduksi piano-piano Weber. Namun, ini tidak berlangsung lama karena Samsung Amerika, Inc memperoleh lisensi untuk menjual piano Weber dan mendirikan kantor-kantor perusahaan di New Jersey, Amerika Serikat. Sekitar 1988 mereka memperkenalkan nomor yang berbeda untuk piano grand dan uprights. Grands dimulai di nomor 034442 dan uprights dimulai pada 1327707. Pada tahun 1992 mereka memperkenalkan model baru. Perjanjian tersebut mewajibkan Samsung untuk membeli piano-piano dari Young Chang. Namun, pada Desember 2003 Samsung meninggalkan Weber dan sekarang memasarkan piano Cina di bawah nama Behning.

Ada beberapa membuat piano akan di bawah nama Weber, sebagian besar di AS, tetapi ada satu di Berlin dan sebuah perusahaan besar di Kanada.

1853
Bechstein dari Berlin terbentuk.

1853
Blüthner dibentuk.

1853
Steinweg berubah nama menjadi Steinway dari Amerika dan perusahaan piano Steinway didirikan.

1853
Bord menggunakan pegas spiral untuk jack.

1853
Claude Montal salah satu tuner piano buta pertama. Dia memamerkan pedal sostenuto, yang dibeli Steinway. Sebuah monograf yang ditulis oleh Montal di Paris tahun 1856, berjudul “L’Art d’accorder soi-meme piano anak,” menggambarkan penemuannya.

1854
Gabler didirikan di New York, Amerika Serikat.

1854
Mason & Hamlin didirikan di Boston, USA, oleh Henry Mason dan Emmons Hamlin.

1855
Pada 12 Agustus di malam hari, pabrik Broadwood Horseferry Road terbakar habis. Pabrik itu membuat 2300 piano dalam setahun, dan 575 karyawan bekerja di sana. Pada waktu itu pabrik piano mereka yang terbesar di dunia.

1855
W. SAMES Ltd didirikan.

1856
Decker & Son, NY, USA, didirikan.

1856
Piano Wurlitzer, Amerika Serikat, didirikan.

1857
Steck, NY, USA, didirikan. Mereka kemudian bergabung dengan Aeolian.

1858
Halle Orchestra dibentuk.

1858
Monington & Weston, London, didirikan. Kemudian mereka menempatkan rangka besi uprights ganda piano, membuat piano sangat berat tetapi sangat stabil.

1859
Agustus Forster mendirikan sebuah bengkel kecil di Lobau, Jerman, di mana ia membuat piano pertamanya. Dari sana ia mulai membuka pabrik pertamanya di tahun 1862.

1859
Ludwig Bösendorfer mengambil alih bisnisnya ketika ayahnya meninggal.

1859
Kimball, Chicago, AS, didirikan.

1859
Pada tanggal 20 Desember tahun ini Henry Steinway Jr mengambil paten untuk over-stringing untuk piano grand (nomor paten 26532). Ini adalah titik balik untuk Steinway dan piano yang memenangkan banyak penghargaan di seluruh dunia untuk piano grand yang terbaik karena fitur over-stringing.

1860
Alfred Dolge memulai Persediaan Piano Amerika di New York City. Amerika Felt Co diperoleh APSC tahun 1900.

1862
DHBaldwin mendirikan perusahaannya di Amerika. Pada tahun 1889 namanya dirubah ke Baldwin Piano Company.

1862
Ajello & Sons, London. Giuliano Ajello mendirikan bisnis di London. Mereka memproduksi berbagai piano dan sangat sukses, akhirnya mengoperasikan dua pabrik di London. Piano Ajello memenangkan banyak hadiah untuk pembuatan piano di Eropa. Pabrik Ajello tutup sekitar 1930.

Arthur Giovanni Ajello, dan Louis Robert Ajello, cucu dari Giuliano Ajello beremigrasi ke Kanada 1910, dan mendirikan perusahaan mereka sendiri, yang beroperasi sampai tahun 1930-an.

1863
Henry F. Miller & Sons dari Boston, AS, didirikan.

1864
Anton Petrov mendirikan perusahaan piano di Cekoslovakia membuat.

1864
Kranich & Bach, NY, USA didirikan, yang mengkhususkan diri dalam grand kecil.

1866
Nathaniel Berry Piano didirikan. Pada tahun 1965 Barrat & Robinson membelinya.

1866
Piano kotak terakhir dibuat oleh Broadwood. Hal ini karena piano cottage kecil lebih populer di rumah.

1870
Shenstone & Co pembuat tuts piano didirikan. Banyak pembuat piano menggunakan kunci mereka, termasuk Cramer, Kemble, Rogers, Knight dan Challen.

1871
Albion Pianoforte didirikan di London.

1871
Piano Bohemia didirikan, di kota Jihlava, Republik Ceko. Sekitar 1924 bekerja sama dengan pembuat piano Piano Wina Bohemia mulai membuat Hofmann & Czerny, mempekerjakan sekitar lima puluh pekerja.

1871
Piano Perzina dimulai pada 1 Juli, Julius dan Albert Perzina membuka toko pertama mereka di Schwerin. Perzina piano sekarang Cina dibuat.

1872
Smith, Barnes & Stroeber didirikan. Mereka tampaknya berhenti membuat piano tahun 1920. Piano-piano dibuat di Clybourn, Chicago, AS. Pada 1884 nama menjadi Smith dan Barnes.

1872
Sohmer, NY, USA, didirikan. Hugo Sohmer adalah penemu dan orang pertama untuk membangun baby grand lima kaki di Amerika Serikat.

1872
Steinway membuat hak paten timbangan duplex. Bantalan bar pada panjang mati string digunakan untuk membantu menghasilkan harmoni yang selaras

1883
Bansall & Sons didirikan.

1887
Torakusu Yamaha mendirikan “Yamaha Organ Ream” dan menjadi Bapak dari industri musik Jepang. Pada tahun 1887 Torakusa Yamaha membangun organ buluh pertama. Pada tahun 1900 produksi piano tegak dimulai, dan pada tahun 1902 produksi piano grand dimulai. Pada 1904 piano Yamaha memenangkan penghargaan untuk keunggulan di St Louis World Exposition.

1888
Windover didirikan, dan juga membuat Mertons. Mereka mungkin punya pabrik di Manchester atau toko. Piano Inggris Manufacturing Co Ltd juga membuat piano-piano Windover.

1888
Broadwood baja bar kurang frame diperkenalkan.

1890
Ambridge & Son London.

1911
Michael Kemble mendirikan Kemble.

1930
Kawai meninggalkan Yamaha dan memulai perusahaannya sendiri.

1931
Piano Neo-Bechstein dengan Soundboard, hanya diperkuat melalui pengeras suara.

1933
Whelpdale dan Maxwell mulai membuat piano-piano Welmar sendiri dan Cod bergabung dengan perusahaan pada tahun 1920. Whelpdale dan Maxwell dan Cod Ltd masih bertahan dengan nama itu hari ini.

1933
Nama Squire dan Longson pergi ke Kemble.

1956
Pearl River Piano didirikan. Mereka mulai dengan enam toko-toko dan bengkel, dan sekarang memiliki tenaga kerja lebih dari 4.000 dan lebih dari 300.000 meter persegi ruang pabrik lantai. Produksi piano adalah 100.000 per tahun. Dua puluh persen dari produksi mereka diekspor ke barat.

1956
Kawai kini mempekerjakan lebih dari 500 orang dan menghasilkan sedikit diatas 1,500 piano tiap tahun. Koichi Kawai menerima “Medali Pita Biru” yang prestisius dari Kaisar Jepang, menjadi perusahaan pertama di industri instrumen musik Jepang untuk menerimanya. Koichi Kawai meninggal tiba-tiba pada Oktober 1955 pada usia 70. Sekitar waktu ini 33 tahun Shigeru Kawai mengambil alih perusahaan dan memulai perubahan radikal. Dia mulai pembangunan dua pabrik baru, satu pabrik pengolahan kayu dan tanaman lainnya perakitan piano, menjadi jalur produksi modern pertama perusahaan.

l958
Pearl River Piano Group Ltd telah memproduksi piano berkualitas di Guangzhou, Cina sejak 1956. Pada tahun 2007 mereka memiliki kapasitas untuk membangun lebih dari 100.000 piano satu tahun serta array yang luas angin Pearl River dan instrumen senar. 3-juta kaki persegi di fasilitas kami Delta Sungai Pearl dilengkapi dengan teknologi terbaru dalam Komputer Aided Design dan dikelola oleh tenaga kerja yang berdedikasi dengan panjang 17 tahun rata-rata layanan dengan Pearl River dan telah diberikan ISO 9001 Sertifikasi untuk pengendalian kualitas.

l958
Alat Musik Samick didirikan. Samick telah berkembang menjadi produsen instrumen musik terbesar di Korea, dan sekarang perusahaan piano terbesar di dunia. Mereka hanya memulai membuat piano tegak di tahun 1960 dan piano grand di tahun 1970.

l959
Perusahaan Challen berhenti berjualan bebas piano mereka, dengan nama pergi ke Brasted bersaudara pada awalnya, kemudian untuk Barrat & Robinson.

l960
Yamaha memproduksi dua ribu dua ratus piano sebulan.

1960
Pada Juli 1Oth, Lindner, anak perusahaan dari Rippen Belanda, dibuka di Irlandia. Piano-piano yang dihasilkan revolusioner; frame dilas aluminium alloy diperkenalkan mengurangi berat badan sekitar setengah dari kerangka cor. Plastik dipakai lebih banyak untuk bagian aksi dan tuts. Ada flensa untuk whippen dan palu, dan peredam dijepitkan ke rel.

1962
Steinway memperkenalkan Teflon sebagai bahan bushing pada semua piano grand digunakan sampai tahun 1982.

1963
Kawai Amerika didirikan, diikuti oleh Kawai Eropa, Kanada, Australia, dan Asia.

1963
Pada pameran di Festival Frankfurt adalah Herrburger Brooks Schwander dengan lengan tembaga, dilapisi dengan bushing plastik PTFE bukan bushing kain. Amber Cahaya Engineering Co mensuplai bushing plastik tembaga.

1963
Kompetisi Piano Leeds dibentuk di Inggris.

1963
Rogers diakuisisi oleh Zenders.

1964
Kembles diperoleh John Brinsmead dan Piano Cramer.

1965
Barrat & Robinson Ltd dibeli piano Nathaniel Berry.

1966
Jasper Corp mengakuisisi Bösendorfer.

1969
Piano Kemble dipindahkan ke kota baru Milton Keynes dari pabrik Stoke Newington London.

1971
Kemble mengambil distribusi Inggris piano Yamaha dan instrumen musik.

1971
Pleyel dan Gaveau piano dibuat oleh Schimmel 1971-1994. Pada tahun 1994 produksi pindah ke Perancis dan desain baru diperkenalkan memakai aksi Langer dan Renner.

1972
Blüthner dinasionalisasi oleh pemerintah Jerman Timur.

1973
Pengecoran diperlengkapi untuk memproduksi rangka besi untuk Barrat tampaknya di ambang tutup, maka Barratt & Robinson membeli perusahaannya untuk terjaminnya pasokan rangka di masa depan.

1974
Baldwin dari Amerika Serikat memiliki semua saham Bechstein.

1974
Knight memperkenalkan suatu bushing serat pin merebut (jarum penyetel) yang dikatakan punya tekanan sebesar 30,000 pon., Dibandingkan dengan ring kayu tradisional yang hanya 6.000 lbs.

1980
Kawai membuka fasilitas Ryuyo grand piano. Mampu memproduksi lebih dari 60 piano grand per hari. Pabrik Ryuyo mewujudkan keahlian tangan dan teknologi canggih otomatis.

1982
Steinway berhenti memakai tuts dari gading.

1983
Eavestaff berhenti membuat piano di Inggris.

1984
Zender piano yang dibuat oleh Bentley untuk mereka.

1984
Yamaha memiliki saham mayoritas di penjualan organ Kemble dan perusahaan diberi nama baru “Yamaha-Kemble Musik (UK) Ltd” Pabrik piano Kemble menandatangani persetujuan untuk memulai membuat piano Yamaha dibawah lisensi di Inggris. Produksi piano kembali pas dengan keadaan mesin seni dan teknik produksi dikendalikan komputer disediakan oleh Yamaha.

1985
Birmingham bersaudara membeli Steinway dan sisanya dari divisi musik instrumen CBS (kecuali Fender).

1985
Bentley berhenti membuat tutsnya sendiri. Tuts diperoleh dari Herrburger Brooks.

1985
Pabrik Kemble mulai memproduksi berbagai piano akustik Yamaha untuk dijual di pasar Inggris. Dua tahun kemudian Yamaha dinominasikan sebagai mitra manufaktur Kemble tunggal Eropa.

1986
Baldwin dijual Bechstein Karl Schulze, teknisi piano Jerman master.

1987
Zender benar-benar diambil alih oleh Bentley yang termasuk Piano Rogers.

1987
Perusahaan Ningbo Oriental Piano Parts didirikan. Presidennya adalah Mr Luo Senhe. Perusahaan mempekerjakan George F. Emerson, seorang desainer piano Amerika yang bekerja untuk Baldwin Piano Inc dan Mason & Hamlin. Juga, piano tala Wina dan menyuarakan spesialis Sibin Zlatkouic, dan piano spesialis Jepang Ema Shigeru membantu untuk memantau pengendalian kualitas dan produksi. Pada tahun 2001, perusahaan Hailun berinvestasi dalam peralatan digital Jepang dan lini produksi. Juga di tahun ini, kerjasama didirikan antara Hailun dan Wendl & Lung, Perusahaan berganti nama menjadi Hailun Alat Musik Co, Ltd. Pada tahun 2006 menghasilkan 12.070 piano, 10.500 uprights dan 1570 grands, juga membuat bangku piano, pada November 2006 mereka membuka markas baru dan showroom di Lilburn Amerika Serikat.

1989
Nama Danemann dijual kepada Piano Gardner di Cardiff dalam kaitannya dengan Badan Usaha Welsh.

1989
Piano Frazer diambil alih oleh Hellas.

1989
Piano Broadwood dibuat di Bentley dibawah lisensi.

1990
Piano Chavanne didirikan di Perancis, membuat piano tegak berkualitas. Tinggi, 125 cm.

1993
Bentley, Broadwood dan Knight dimiliki oleh Welmars. David Grover dari Bentley pindah dengan mereka sebagai kepala penjualan di luar negeri.

1995
Sekitar saat ini, Pearl River Piano piano perusahaan Cina dan Yamaha dari Jepang membuat perusahaan patungan. Mereka mendirikan sebuah perusahaan bernama Yamaha-Pearl River. Perusahaan ini didirikan untuk memastikan “Eterna” model yang diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat.

1998
Pada hari Sabtu, 12 Desember, Komisi Perdagangan Internasional AS memulai penyelidikan daya saing industri piano AS. Ini karena piano-piano import dari Cina, Jepang, Indonesia, dan Korea Selatan lebih dari 62.480 dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

2003
Pada Desember 2003 Samsung meninggalkan piano Weber yang dibuat oleh Young Chang sejak 1984 dan sekarang memasarkan piano Cina di bawah nama Behning.

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Bermain piano bukan hanya tentang gerakan tangan yang cepat dan tangkas.
Cara main piano yang benar  membutuhkan postur yang baik dan pernapasan. Meskipun tidak merasakannya saat ini, postur bermain piano yang buruk pasti akan mempengaruhi dalam jangka panjang. Misalnya punggung terasa sakit atau jari sakit, berikut adalah beberapa tips tentang cara main piano.

Posisi Tangan
Tidak seperti gitaris yang menggunakan ujung jari mereka untuk bermain, seorang pianis, seharusnya menggunakan bantalan untuk jari-jari Anda. Biasakan untuk tidak meratakan jari-jari ketika sedang bermain. Hal ini dapat menyebabkan tangan dan jari merasa tegang. Selain itu juga akan memperlambat pergantian nada. Jadi, daripada meratakan jari tangan, lebih baik berada dalam posisi tangan sedikit melengkung dan siap untuk not selanjutnya.

Jika tidak tahu cara melengkungkan jari, cobalah menempatkan kedua tangan pada lutut. Bagaimana tangan melengkung di lutut menentukan bagaimana harus memposisikan tangan saat bermain piano. Ingat, tangan seharusnya terlihat seolah-olah sedang memegang jeruk.

Postur Yang Tepat
Tulang belakang harus berbentuk seperti “S” saat sedang main piano. Kebanyakan pemula cenderung membungkuk kembali ketika bermain piano, menyebabkan tulang belakang mereka membentuk “C”. Mempertahankan posisi membungkuk menyebabkan sakit punggung dan nyeri leher (terutama jika bermain dalam waktu yang lama). Duduk di kursi piano berbeda daripada duduk di kursi biasa. Postur tubuh mempengaruhi bagaimana bermain piano dan bernapas.

Untuk duduk di piano dengan benar, lutut harus sedikit di bawah keyboard. Selain itu, kaki juga harus stabil di tanah. Cobalah untuk tidak mengeraskan bahu. Sebaliknya, bahu harus kendur, dengan siku sedikit lebih tinggi daripada keyboard. Lurus namun nyaman bagi tulang belakang, dengan cara ini tidak akan mengalami sakit pada punggung bawah jika bermain untuk jangka waktu lama. Perhatikan kepala juga. Ini membutuhkan latihan, tetapi pada saatnya Anda akan tahu cara main piano tanpa harus mengkuatirkan postur tubuh.

Masalah bangku piano
Kadang-kadang bangku piano dapat juga menyebabkan masalah. Mungkin posisi terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk menjaga postur stabil dan nyaman. Jika terlalu tinggi, dapat menyesuaikan kursi piano dengan menambahkan lapisan ekstra padding ( misalnya karpet ). Sekarang jika terlalu rendah, coba tambahkan hak sepatu untuk memperkuat kaki di tanah. Ingat, bangku piano tidak hanya menahan berat badan, juga harus membuat nyaman.

Pernapasan
Kebanyakan pemula cenderung menahan nafas ketika mulai bermain piano. Tidak bisa bernapas dengan teratur terus menerus tidak baik bagi pemain piano pemula. Jika tidak bernapas otot akan menegang. Ketika itu terjadi, akan memperlambat pergantian not. Selain itu juga akan mempersulit belajar menyanyi sambil bermain piano. Jadi pastikan untuk mengambil napas pada waktunya.

Jika masih terasa sakit, selalu ingat untuk relaks. Belajar cara bermain piano yang nyaman sama pentingnya dengan mampu menguasai aspek teknis dari instrumen. Jadi santai, kendurkan, dan bernapas. Teruskan kebiasaan ini dan Anda dapat bermain dan menikmati piano untuk waktu yang lama!

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Mengapa Belajar Piano?
Ada banyak alat-alat musik yang indah. Masing-masing memiliki gaya dan karakter tersendiri. Belajar piano maupun  salah satu dari alat musik lain sangat bermanfaat dan menyenangkan. Tapi, mengapa seseorang memilih piano daripada instrumen lain? Mengapa seorang pemula memilih belajar piano dibanding seruling atau instrumen lainnya?

Ada banyak alasan untuk belajar piano. Piano adalah salah satu instrumen yang paling bervariasi di musik Barat. Seorang pemain piano dapat memainkan hampir semua gaya musik. Piano memiliki rentang yang tinggi. piano dapat dimainkan di musik klasik, pop, rock, jazz, blues dan lagu rohani, dan bahkan lebih banyak lagi.

Piano adalah polifonik, memberikan kekayaan yang yang lebih daripada instrumen lain. Dengan “polifonik,” berarti Anda bisa bermain lebih dari satu not piano dalam waktu bersamaan. Dalam musik piano tingkat lanjut, pemain lebih sering memainkan chord piano daripada not piano tunggal. Walaupun musik yang ditulis untuk pemain pemula tidak dapat menggunakan chord piano untuk masing-masing tangan, musik pemula masih ditulis untuk masing-masing tangan untuk menciptakan musik independen dan harmoni. Dua suara piano, satu untuk tangan kanan dan satu untuk kiri, membawa kompleksitas suara yang tidak mungkin dicapai instrumen lainnya.

Piano dapat dimainkan sebagai instrumen solo, atau untuk menemani suara atau instrumen lain, atau sebagai bagian dari sebuah band atau orkestra. Jadi berkaitan dengan pengaturan dan orkestrasi, piano sangat serbaguna dibanding dengan instrumen musik yang lain. Jika seseorang telah cukup lama belajar piano, dan latihan yang memadai maka hampir bisa dipastikan bahwa ia akan bisa memainkan musik apapun.

Belajar piano melatih musisi pemula dengan cara yang tidak bisa dilakukan instrumen lain. Piano membutuhkan ketangkasan, karena pianis perlu untuk dapat menggunakan setiap jari dari kedua tangan secara independen. Bahkan belajar piano untuk pemula butuh untuk bisa membaca baik treble clef dan bass clef secara bersamaan. Selain itu, bekerja dengan chord dan dua suara berbeda yang dimainkan oleh dua tangan yang berbeda mengarah ke pemahaman tentang teori musik dan konstruksi chord yang kebanyakan tidak dipunyai instrumen lain.

Tentu saja, ada kekurangan yang signifikan untuk memilih piano. Piano sangat besar, berat dan sulit untuk dipindahkan. Sedangkan pemain biola bisa mengambil instrumen dan membawanya, pianis tidak dapat melakukan perjalanan dengan pianonya. Bahkan harga piano bekas bisa sangat mahal. Sulit untuk menempatkan piano yang sangat besar, bahkan ukuran piano terkecil pun tidak muat untuk rumah ukuran kecil maupun apartemen yang kecil.

Keyboard elektronik dapat menawarkan alternatif untuk piano akustik. Kecil, portabel dan relatif murah, keyboard elektronik dapat menjadi sarana bagi siswa untuk melalui fase belajar piano untuk pemula dan belajar fingering yang tepat dan cara membaca musik. Meskipun mereka tidak memiliki kualitas suara sebaik piano, keyboard bisa menjadi pilihan yang baik jika piano tidak muat ditempatkan di dalam rumah.

Pada akhirnya, alasan sebenarnya untuk belajar piano adalah karena piano sangat indah. Elegan dan tidak tertandingi oleh instrumen lainnya, baik piano upright maupun piano grand. Seorang calon musisi yang sedang memutuskan untuk memiliki instrumen musik dapat memilih piano sebagai pilihan yang tepat dan memulai belajar piano.

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Latihan piano membutuhkan banyak koordinasi. Tidak hanya pianis harus dapat menggunakan kedua kanan dan tangan kiri secara bersamaan, namun juga harus menggunakan kakinya pada pedal. Bahkan pada tingkat yang lebih lanjut kaki kiri juga digunakan pada soft pedal.

Pianis terus-menerus melakukan gerakan yang berbeda dengan masing-masing tangan. Misalnya, satu tangan mungkin bermain legato (menghubungkan nada satu nada yang lain) sementara tangan lainnya bermain staccato (pendek). Seringkali juga tampil dengan gerakan yang saling menggantikan, khususnya dalam penampilan untuk tingkat lanjut dalam permainan piano.

Berikut adalah teknik dasar latihan piano yang dapat dilakukan oleh pemula maupun siswa musik:
  1. Praktek Gerakan Yang Berbeda – untuk menguasai koordinasi diperlukan latihan piano dengan gerakan yang berbeda untuk masing-masing tangan. Sungguh menakjubkan betapa mudah untuk melakukan Koordinasi bersama setelah latihan gerakan tangan yang berbeda secara masing-masing.
  2. Bangun Bentuk Jari (Fingering) Yang Baik – fingering yang baik sangat penting bagi keberhasilan Anda sebagai seorang pianis. Latihlah fingering yang nyaman yang dapat Anda gunakan setiap saat. Cobalah fingering yang berbeda untuk melihat apa yang terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang belajar piano, guru Anda harus dapat membantu Anda dengan ini. Ingatlah bahwa fingering yang baik dapat menguasai gerakan-gerakan yang sulit.
  3. Gerakkan Perlahan Dengan Akurat – Masalah yang umum adalah bahwa siswa ingin bermain terlalu cepat. Ingat bahwa Anda harus menetapkan akurasi nada, irama, dan jari sebelum Anda menambah kecepatan tangan. Anda dapat mempertahankan kecepatan yang tepat bila Anda telah menguasai gerakan tangan secara akurat.
  4. Luangkan Waktu Untuk Irama dan Menghitung Ketukan – Selain menetapkan pola irama, menghitung ketukan dapat membantu dengan konsentrasi, dan juga membantu untuk menjaga tempo (kecepatan).Dengan menghitung Anda bisa mempercepat atau memperlambat tempo secara fleksibel. Anda tidak dapat melakukan ini dengan metronom. Metronom juga sulit untuk digunakan pemula.
  5. Menguasai Permainan Secara Bertahap – Ini sebenarnya adalah kelanjutan dari praktek tangan sendiri di atas. Setelah gerakan tangan dapat dikuasai, latihan menginjak pedal. Pada kebanyakan situasi, menginjak pedal mengikuti gerakan tangan kiri. Ketika Anda mulai menempatkan dua tangan bersama-sama, ingatlah untuk bekerja perlahan-lahan untuk akurasi. Setelah itu mulailah gerakan eksplorasi ke tingkat lanjut.

Setelah Anda telah dapat menguasai teknik dasar latihan piano, cara yang baik untuk menjadi pianis yang handal dalam permainan piano adalah latihan piano secara rutin dan berkesinambungan. Latihan bagian-bagian yang sulit. Kemudian kembali dan bermain bagian yang mudah lagi. Anda akan melihat peningkatan dalam permainan piano.

Teknik dasar latihan piano

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Memang perlu keahlian khusus untuk bisa memilih piano yang berkualitas baik. Dari berbagai merk pasti anda sudah memiliki salah satu favorit diantaranya. Piano Yamaha adalah merk yang banyak ditemukan di Indonesia. Banyak orang percaya dan menggunakan merk ini karena beberapa kelebihannya dibandingkan dengan yang lainnya.

Pada dasarnya semua piano itu sama, hanya saja untuk beberapa jenis memang disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya. Bagi pemain yang sudah profesional dan pemula pasti berbeda jenisnya. Begitu juga dengan selera musik yang bisa didukung sempurna oleh jenis piano tersebut. Maka anda harus menyesuaikan pemilihan piano dengan kebutuhan serta penggunaannya.

Menemukan Jenis Piano Yamaha yang Cocok

Meletakkan piano di suatu sudut ruangan akan sukses memberikan kesan yang lebih klasik. Dalam memilih merk serta jenis piano tidak hanya melulu tentang suara dan aliran yang didukungnya. Tetapi lebih dari itu, ukuran juga harus dipertimbangkan dengan baik. Sehingga pemainnya bisa lebih nyaman dalam memainkan pianonya. Itulah pentingnya mencoba dengan utuh sebelum membeli.

Jenis-jenis dari piano Yamaha dedesain untuk mendukung masing-masing performa dari pemainnya. Beirkut beberapa jenis yang perlu diketahui.
• Yamaha u1 untuk pianis berpengalaman dan musisi profesional dengan suara yang bagus dan original
• Yamaha u2 nippon gaki japan dengan suara soft, hanya saja lebih tinggi dan senarnya lebih panjang dari u1
• Yamaha M1 memiliki warna coklat khas serta unik. Bagus untuk pemain pemula sampai menengah
• Yamaha u3 nippin gaki japan baik untuk mendukung musik akustik

Masih ada beberapa jenis dengan kualifikasi hempir sama dengan jenis di atas. Penyesuaian jenis dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh pemain adalah hal penting dipertimbangkan. Ketinggiannya juga tidak luput dari proses pemilihan. Piano Yamaha juga menyediakan pilihan fisik luar dengan desain warna kayu klasik dan menarik. Cocok untuk segala tema ruangan milik anda, tidak perlu repot dalam menyesuaikan.

Saat ini memenuhi segala kebutuhan bukan lagi hal sulit dilakukan. Melalui media online semua bisa terpenuhi dengan mudah dan praktis. Anda bisa mencari website resmi dari toko piano terdekat atau di kota anda. Kemudian bisa dicek mana piano ready stock serta bisa segera dibeli. Setelah itu pastikan adanya garansi dan kualifikasinya secara detail. Anda bisa langsung memesan untuk mencobanya di rumah. Namun jika masih kurang yakin, cara terakhir adalah datang dan memilih secara langsung.

Jangan terkecoh tampilan menarik atau warna unik, tetapi inti utamanya yaitu kualitas suara dan mekanik di dalamnya. Keawetan dan ketahanan piano terebut akan bergantung pada pemilihan awal. Kejelian melihat setiap komponen dapat membantu memperkirakan keawetannya. Harga yang cukup mahal harus dipertimbangkan agar tidak sampai menyesal atau mendapat piano tidak berkualitas.

Untuk mempermudah dalam proses komunikasi dengan penjual, tidak hanya ,melalui website tetapi juga bisa memesan lewat chat atau line. Dengan fasilitas tersebut maka penjualan akan menjadi lebih mudah dan praktis. Hati-hati tertipu harga, membandingkannya dengan toko piano Yamaha dan merk lainnya untuk memastikan kewajarannya.

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Sebagian orang masih belum bisa untuk membedakan tiap tipe atau jenis dari masing-masing piano. Kualifikasi dari tipe-tipe tersebut akan membantu mulai dari para pemula sampai pianis yang sudah profesional.

Grand piano merupakan salah satu jenis piano yang sebenarnya. Memang terlihat sangat klasik namun jenis ini banyak disukai oleh para pemain piano yang sudah berpengalaman dan musisi profesional.

Mendapatkan Grand Piano Terjangkau

Secara psikologis memainkan piano akan membuat pemainnya menjadi lebih tenang dan memiliki kemampuan yang berbeda terutama pada anak-anak. Kerja otak kanan dengan kiri akan berjalan dengan seimbang. Sehingga dapat juga mempengaruhi kecerdasan. Selain itu, mamang permainan musik ini paling sering dimainkan pada berbagai acara karena bisa masuk dalam berbagai aliran dan suasana.

Salah satu yang menjadi primadona adalah jenis grand piano. Dengan desain kayu mengkilap dan memiliki tuts sejumlah 88. Kesan eksklusif dari jenis piano ini membuat biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkannya juga cukup mahal. Namun pasti akan sesuai dengan kualitas dari piano tersebut yang tidak akan mengecewakan.

Dengan harga serta kualifikasi istimewa, piano ini lebih banyak digunakan oleh pianis profesional. Terutama untuk manggung atau hanya melakukan latihan, untuk mendukung performa mereka dengan kayanya nada dihasilkan dari piano tersebut. Bentuk fisik menarik membuat permainan anda menjadi lebih maksimal dan memukau. Kesan klasik bisa segera meluas ke dalam ruangan serta penampilan.

Tidak perlu ragu dengan harga mahal dari grand piano ini, karena bisa mencoba menggunakan piano digital. Program digitalnya dibuat mirip piano eksluasif tersebut. Dengan begitu anda bisa merasakan sensasi bermain piano dengan lebih murah dan tanpa harus repot melakukan setting pada bagian dalamnya. Selain, itu tuts juga diberi teknologi digital untuk meningkatkan sensitifitasnya agar pemainnya merasa nyaman dan merasakan sensasi sama dengan piano sesungguhnya.

Desain dari piano digital ini juga dibuat semirip mungkin dengan piano sebenarnya. Piano digital juga dilengkapi dengan metronome untuk membantu pemainnya bisa mempelajari sebuah lagu sesuai temponya. Tidak hanya untuk latihan di rumah tetapi bisa dipakai untuk penampilan langsung. Selain mirip dengan piano sebenarnya, juga tetap memiliki estetika menarik.

Meskipun sudah berteknologi digital, tetap saja harus memperhatikan kualitas dan cara penggunaannya. Termasuk di dalamnya adalah perawatan tepat demi menjaga keawetannya. Memahami kinerja dari teknologi piano digital membuat anda bisa mengerti bagaimana cara aman untuk menggunakannya agar tidak sampai rusak atau mengalami beberapa kesalahan setelah penggunaan.

Ada beberapa perusahaan atau merk yang memproduksi piano digital dengan teknologi canggih untuk mendukung permainan anda. Pemilihan merk akan berkaitan dengan kualitas terbaik teknologinya. Mempercayai satu merk saja mungkin bisa diterapkan, namun lebih baik jika dibandingkan dengan merk lainnya agar terlihat mana lebih unggul diantaranya.

Tidak sulit memainkan grand piano bagi para pianis profesional, namun untuk bermain secara digital harus dipahami beberapa konsep dasarnya. Meskipun sensasi bermainnya dibuat sama dengan yang sesungguhnya. Penggunaan yang praktis dan terjangkau memang menjadi keunggulan dari piano digital.

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Musik merupakan rangkaian suara yang dihasilkan oleh berbagai instrumen musik. Suara ini memiliki irama dan keharmonisan hingga terbentuklah musik yang menyenangkan. Musik dihasilkan oleh berbagai macam instrumen seperti drum, gitar, piano dan lainnya.

Piano merupakan sebuah alat musik yang menyajikan suara yang begitu indah dan merdu. Selain itu alat musik ini juga sering diidentikkan dengan alat musik dari kelas sosial atas. Sama seperti alat musik lainnya, mendengarkan suara piano memiliki beberapa manfaat misalnya saja dapat mengurangi stres. Alat musik piano biasanya menghasilkan irama yang begitu indah dan juga merdu. Sama seperti alat musik lainnya, piano juga memiliki manfaat untuk kesehatan manusia utamanya kesehatan mental. Berikut alasan kenapa orang banyak yang suka mendengarkan alat musik jenis ini.

Kecerdasan Otak Manusia

Mendengarkan musik dipercaya dapat memperbaiki mood sebagian orang, mungkin hampir kebanyakan orang. Banyak orang yang mendengarkan musik untuk menjaga mood mereka apalagi ketika sedang stres atau sedang marah. Salah satu musik yang paling sering didengarkan yaitu piano.

Selain dikenal sebagai alat musik untuk para orang dari kelas menengah atas, alat musik yang satu ini juga memiliki suara yang begitu lembut dan enak untuk didengarkan. Musik-musik klasik dari piano dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak manusia. Karena itulah, sekarang ini banyak orang tua yang memberikan anaknya pelajaran tambahan agar bisa bermain piano, agar dapat melatih kecerdasan si anak. Namun bagi yang tidak bisa bermain piano, membiasakan diri mendengarkan musik dengan menonton konser piano juga bisa menjadi pilihan.

 

Meningkatkan Daya Imajinatif

Selain berguna untuk memperbaiki mood dan meningkatkan kecerdasan otak, suara yang dihasilkan dari alat musik piano juga dipercaya dapat meningkatkan daya imajinasi manusia. Setiap orang pasti menghayati suara yang berbentuk musik. Penghayatan inilah yang kadang membuat seseorang seolah-olah bisa mengetahui bagaimana nada yang ingin disampaikan berupa perasaan senang, sedih dan lainnya. Perasaan ini juga kadang disampaikan kepada mereka yang mendengar tanpa perlu adanya lirik.

Pendengar musik kadang juga bisa terbawa alur cerita musik, hal inilah yang membuat para pendengar musik instrumental atau suara musik yang tidak diiringi oleh lirik, daya imajinasinya meningkat. Terlebih pada musik yang dihasilkan dari piano. Selain itu, musik yang dihasilkan dari piano ini juga melatih seseorang agar lebih peka.

Itu beberapa alasan mengapa banyak orang suka mendengarkan musik. Selain beberapa manfaat dan kegunaan di atas, membiasakan diri mendengarkan musik juga memiliki manfaat dan kegunaan lainnya yang baik untuk manusia. Manfaat musik piano juga bisa didapatkan dengan membiasakan diri menonton konser piano.

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Seorang musisi terkenal pada abadnya, Beethoven pernah berkata musik adalah pintu masuk ke dalam dunia ilmu pengetahuan tertinggi yang dapat dipahami oleh manusia tetapi manusia sering kali tidak memahaminya. Ini merupakan salah satu quotes dari Beethoven, seorang musisi terkenal sepanjang abad. Beethoven merupakan seorang musisi musik klasik dunia yang sangat terkenal.

Kecintaan Beethoven pada musik membuatnya berpikir jika musik memiliki peran penting dalam kehidupan manusia seperti ilmu pengetahuan. Selain Beethoven banyak musisi dunia yang memiliki quotes mengenai musik. Quotes ini sering kali berwujud dalam sebuah lirik yang disampaikan melalui sebuah lagu.

Berikut beberapa quotes-quotes bagus di bidang musik dari berbagai musisi, baik dari musisi Indonesia maupun musisi mancanegara, seperti Beethoven.

Quotes Memotivasi

“Abaikan semua kebencian dan kritik. Hiduplah untuk apa yang kamu buat dan matilah untuk melindunginya.”

Ini merupakan sepenggal quotes dari lirik penyanyi terkenal Lady gaga. Dari quotes ini Lady gaga mencoba memberi tahu jika seorang harus memperjuangkan apa yang telah dihasilkan nya, tidak menyerah hanya karena orang lain memberi kritik. Quotes yang cukup membangun bukan? Meski di akhir quotes Lady gaga tidak ragu untuk mati demi mempertahankan apa yang dihasilkan.

“Bangun, berdiri, berdiri untuk kebenaranmu. Bangun, berdiri jangan menyerah untuk berjuang.”

Quotes yang cukup bagus bukan? Di sini Bob Marley sedang memotivasi untuk tidak menyerah dan terus berjuang dalam kebenaran.

“Kita semua bersinar seperti bulan, bintang dan matahari.”

John Lennon, vokalis dari band terkenal The Beatles juga memiliki lirik yang cukup bagus. Di lirik ini John Lennon ingin menyampaikan jika tiap orang selalu bersinar seperti bulan, bintang dan matahari.

Quotes Mengenai Kehidupan

“Kamu tau hidup adalah apa yang kita perbuat, dan perubahan seperti sebuah gambar. Ini akan bagus jika kamu mengambil ini.”

Quotes ini merupakan quotes mengenai kehidupan dari lirik lagu penyanyi terkenal Alicia Keys. Melalui lirik ini Alicia keys ingin menyampaikan jika perubahan terbaik adalah yang kita lakukan.

Quotes mengenai kehidupan yang bagus lainnya yaitu quotes dari sebuah band yaitu Simple plan. “Setiap kamu berjuang, ketakutan dapat terobati tapi mereka tidak pernah benar-benar pergi.” Quotes ini ingin menyampaikan jika sekeras apapun manusia berjuang ketakutan akan selalu ada, tidak peduli kapan dan dimana pun.

Yang manakah quotes favorit Anda?

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Bermain piano tidak hanya mengenai ketepatan tangan namun juga cara duduk yang baik akan mempengaruhi hasil permainan piano. Cara duduk yang tepat ketika bermain piano yaitu dengan mengarahkan lengan ke arah piano dan membentuk huruf L dengan baik, lengan juga harus sejajar dengan lantai.

Ketinggian bangku juga cukup berpengaruh, jika ketinggian tidak tepat maka lengan akan bengkok. Ini akan berakibat tangan akan cepat lelah ketika menyentuh tuts piano. Sebaiknya sebelum menggunakan piano atau bermain piano, bangku duduk untuk bermain piano diatur terlebih dahulu ketinggiannya.

Selain tinggi tempat duduk hal lain yang perlu diperhatikan yaitu posisi kaki. Posisi kaki seharusnya datar diatas lantai dengan jarak yang cukup ke arah piano. Telapak kaki juga harus rileks. Selanjutnya yaitu posisi duduk, posisi duduk yang baik ketika bermain piano adalah posisi badan tegak tidak membungkuk, namun tidak membuat bahu menjadi tegang. Membuat posisi duduk senyaman mungkin juga penting untuk dilakukan. Ini membantu ketika bermain piano. Sementara itu posisi tangan yang baik adalah posisi tangan yang tidak membengkok namun juga tidak membuat jari-jari menjadi tegang.

Posisi tangan juga sangat berpengaruh pada permainan, jika terlalu bengkok atau terlalu tegang dapat membuat nada membuat tangan menjadi cepat lelah. Tangan juga seharusnya selalu berada dalam posisi yang siap untuk menyentuh tuts.

Posisi Duduk yang Baik

Dalam bermain piano posisi duduk yang baik sangat mempengaruhi hasil permainan. Posisi duduk yang baik ketika bermain piano yaitu tulang belakang membentuk huruf S. Dan sebaiknya tidak membungkuk ketika bermain piano. Membungkuk ketika bermain piano dapat menyebabkan punggung menjadi sakit dan leher menjadi nyeri.

Posisi duduk selama bermain piano tidak sama dengan posisi duduk dalam kegiatan lainnya, posisi duduk yang salah selama bermain piano sangat mempengaruhi hasil permainan piano. Selain bentuk tulang belakang, posisi lutut juga perlu diperhatikan. Begitu juga dengan posisi kaki yang harus stabil. Selama bermain bahu tidak boleh terlalu tegang agar tidak cepat lelah selama bermain. Posisi kepala juga harus diperhatikan.

Selama bermain piano, sebenarnya posisi keseluruhan badan harus dalam posisi yang benar agar hasil permainan piano menjadi bagus. Namun jika sudah terbiasa duduk dengan posisi yang benar selama bermain piano maka seterusnya tubuh akan terbiasa.

Pernafasan

Pernafasan memang bukan bagian dari cara duduk yang baik ketika bermain piano, namun pernafasan juga berperan penting untuk irama musik yang dihasilkan. Banyak orang yang baru belajar piano menahan nafas selama permainan padahal hal ini juga tidak baik untuk kesehatan. Para pemain piano hendaknya bernafas dengan mengambil waktu yang tepat ketika bermain piano.

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Piano, siapa yang tak kenal dengan alat musik yang satu ini. Dengan bentuk elegan dan irama yang merdu, membuat alat musik yang satu ini banyak disukai. Lalu bagaimana cara membedakan piano yang baru dan piano yang sudah lama? Berikut perbedaan piano yang masih baru dan piano bekas sebagai referensi bagi Anda yang ingin membeli piano.

Penampilan piano

Untuk membedakan apakah piano baru atau sudah bekas dapat dilihat dari penampilannya. Baru atau tidak sebuah piano dapat dilihat cat piano apakah masih bagus atau sudah buruk, selain itu warna dari piano. Keadaan dan warna tuts serta tutup piano bisa dijadikan rujukan apakah piano masih baru atau bekas. Meski melihat keadaan fisik suatu piano dapat dilakukan dengan mudah tapi ini tidak menjamin kualitas dari piano. Piano dengan penampilan yang masih bagus belum tentu memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan penampilannya begitu juga sebaliknya.

Cara lain yaitu dengan melihat komponen dalam sebuah piano. Tidak seperti penampilan luar dari sebuah piano, komponen ini berada di dalam piano. Komponen di dalam sebuah piano dapat dilihat setelah tutup piano dibuka. Komponen dalam piano itu meliputi senar, hammer, sound board, serta kayu penunjang tuts. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memeriksa komponen dalam sebuah piano yang pertama yaitu penampilan senar. Apakah senar memiliki bentuk dan warna yang sama dengan tiap senar.

Bunyi yang dihasilkan

Untuk membedakan kualitas dari piano baru dan yang sudah bekas, bisa dilihat dari bunyi yang dihasilkan. Untuk membuktikannya diperlukan pengecekan not satu persatu sambil didengarkan bunyinya. Jika bunyi yang dihasilkan masih konsisten maka piano dalam keadaan baik namun jika terdapat perbedaan di tiap not nya maka bisa dipastikan piano tidak memiliki kualitas yang baik. Selain itu pengecekan juga bisa dilakukan dengan mencoba memainkan tangga nada.

Untuk mengecek piano dapat memberikan suara yang baik, piano dapat dicoba dengan memainkan lagu yang bertempo cepat. Jika piano dirasa kurang bisa sesuai dengan tempo lagu maka bisa jadi karena piano sudah tidak memiliki kualitas yang bagus lagi.

Beberapa cara bisa dicoba sebelum membeli piano untuk memastikan kualitas dari sebuah piano. Mencoba memainkan sebuah lagu adalah cara tercepat untuk mengecek kualitas dari sebuah piano. Kualitas piano tidak hanya ditentukan apakah piano itu masih baru atau sudah lama, jika piano masih baru namun kualitasnya tidak cukup baik maka membeli piano bekas dengan kualitas yang masih baik bisa menjadi pilihan . Beberapa metode diatas bisa dicoba sebelum membeli piano baik itu piano baru maupun piano yang sudah bekas.

Selamat  mencoba!

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Untuk Anda yang suka bermain musik, piano bisa jadi salah satu alat musik favorit. Piano memang merupakan salah satu alat musik yang populer dan biasa dipelajari untuk dimainkan bahkan sejak usia dini. Tapi, ada kalanya rasa malas datang saat ingin berlatih.

Bagaimana caranya agar terhindar dari rasa malas saat berlatih piano ? Pertama, Anda harus mencari tahu dulu penyebab rasa malas. Mungkin Anda malas karena suasana yang kurang mendukung, adanya suara bising yang mengganggu saat sedang berlatih, perasaan kurang nyaman dengan piano yang dgunakan, hingga tidak fokus saat sedang berlatih.

Ubah Suasana Ruang Latihan

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengatur ulang ruangan tempat berlatih. Terutama kalau berlatih secara otodidak di dalam rumah atau mengundang guru privat. Geser atau pindahkan piano ke tempat lain di mana Anda bisa memandang sekeliling atau keluar jendela dengan lebih leluasa. Seringkali rasa malas saat berlatih ini datang karena kebosanan dengan suasana sekitar. Perubahan suasana yang baru akan memunculkan rasa nyaman dan membuat Anda betah untuk terus berlatih. Kalau merasa terganggu karena suara bising, maka ada baiknya untuk memasang sekat ruangan.

Pindah Ruangan

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah memindahkan ruangan berlatih ke tempat lain yang suasananya lebih tenang dan sunyi. Menciptakan suasana senyaman mungkin akan membuat Anda terhindar dari rasa jenuh dalam berlatih dan semangat terus di tiap sesi latihan. Kalau masih tetap ada rasa malas, cobalah untuk berhenti sesaat dan menghirup udara segar di luar. Bisa jadi Anda berlatih terlalu keras sehingga datanglah rasa malas saat melanjutkan latihan. Lakukan kegiatan lain terlebih dahulu sebelum kembali ke depan piano. Anda juga bisa melihat lagi kondisi piano dan tempat duduk yang digunakan. Posisi duduk serta tinggi tempat duduk yang kurang sesuai memang kadang akan membuat rasa nggak nyaman.

Membangun Motivasi

Terakhir, motivasilah diri sendiri agar selalu semangat dalam berlatih. Apa yang membuat Anda harus bisa menguasai piano ini? Apakah karena mimpi untuk menjadi seorang pianis, keinginan dari dalam diri sendiri, atau hal lain? Motivasi dari dalam justru akan lebih mendorong seseorang untuk berhasil. Carilah dukungan dari orang-orang terdekat agar Anda senantiasa bersemangat dan tidak lagi merasa malas. Padukan dengan suasana nyaman dan tenang seperti di atas.

Itu dia beberapa cara untuk menghindari rasa malas dalam berlatih piano.

Selamat berlatih!

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Musik adalah bahasa universal. Bahasa yang disampaikan oleh musik bisa tersampaikan ke seluruh penjuru dunia. Tidak peduli jika orang yang mendengar tidak mengerti arti liriknya, musik membawa emosi yang dapat dirasakan semua orang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang memulai belajar piano sebagai salah satu hobi.

Keuntungan Bermain Piano

Manfaat bermain piano ini dapat Anda rasakan dalam berbagai aspek, baik jiwa maupun raga. Banyak orang tua rela membayar mahal untuk kursus piano sang buah hati karena berman piano memiliki efek positif untuk perkembangan jiwa dan raga buah hati. Dan, di bawah ini ada beberapa manfaat bermain piano yang perlu Anda ketahui dan semoga bisa memotivasi Anda untuk belajar piano.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Belajar tentang musik adalah salah satu cara untuk memperoleh keseimbangan antara otak sebelah kanan dan otak sebelah kiri. Sama halnya dengan memainkan piano. Tuts-tuts piano yang menghasilkan nada-nada berbau klasik sangat baik untuk perkembangan otak dan emosi bayi yang masih berada di dalam kandungan. Selain itu, bermain piano bisa menstimulasi sel-sel otak untuk terus berkembang.

Perkembangan sel-sel di dalam otak yang cepat akan berefek pada perkembangan tingkat intelegensi dan kecerdasan seorang individu. Karena manfaat bermain piano penting bagi kecerdasan otak tidak heran banyak orang tua melatih anaknya bermain piano sejak dini. Usia anak-anak merupakan tahap di mana sel-sel otak berkembang lebih cepat dibanding usia remaja atau dewasa.

Melatih Konsentrasi dan Ketekunan

Piano bukanlah instrumen yang mudah untuk dipelajari. Jika Anda melihat para pianis terkenal seperti Yiruma dari Korea Selatan atau Lang Lang dari China, mereka dapat memainkan pianonya dengan lincah dan lihai. Itu karena mereka telah melewati proses yang panjang dalam belajar piano.

Yiruma, pemain piano dari Korea Selatan

Sumber gambar: Pinterest

Konsentrasi dan ketekunan adalah dua hal yang harus ditingkatkan dalam bermain piano. Konsentrasi dalam bermain piano diperlukan untuk memastikan bahwa fokus Anda tertuju pada tuts-tuts hitam dan putih di piano. Anda juga perlu berkonsentrasi untuk memastikan jari Anda tidak tergelincir saat menekan tuts piano.

Sedangkan, ketekunan dalam bermain piano terkait dengan kegigihan Anda menghafal not dan chord dalam piano yang tidak sedikit serta fingering dari not dan chord tersebut. Jika Anda tidak tekun dalam mempelajari piano, maka butuh waktu yang lama untuk bisa menguasai instrumen. Oleh karena itu, melatih konsentrasi dan ketekunan menjadi salah satu manfaat berman piano yang bisa Anda dapatkan.

Melatih Kepekaan

Musik adalah salah satu media untuk melatih kepekaan. Kepekaan yang dimaksud adalah kepekaan mengenali nada atau chord yang salah. Tidak selamanya Anda bermain piano dalam keadaan sunyi. Terkadang Anda perlu bermain piano di tempat yang tidak kondusif dan tenang untuk meningkatkan kepekaan terhadap nada-nada yang Anda hasilkan.

Adakah manfaat lain bermain piano yang Anda rasakan selama ini? 🙂

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Musik merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Bahkan dari dalam kandungan mungkin Anda sudah mendengarkan musik meski di dalam bawah sadar. Musik sendiri terdiri dari banyak sekali genre dan macamnya, salah satunya adalah musik klasik. Karena disebut-sebut tingkat estetika musik klasik sudah sampai puncaknya dan sangat sulit dilupakan sepanjang masa.

partitur musik klasik

Sumber gambar:Pixabay

Selain enak didengarkan semua kalangan, musik klasik juga memiliki beberapa manfaat khususnya bagi perkembangan anak, berikut diantaranya.

  1.  Meningkatkan IQ dan Kecerdasan

Sebuah peneliti menyatakan bahwa anak-anak yang belajar bermain musik memiliki IQ yang cenderung terus meningkat dibandingkan anak-anak lain yang tidak bermain musik. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan daya nalar sang anak.

  1. Meningkatkan Kepekaan

Saat mendengarkan musik klasik, tanpa sadar aliran darah di sekitar otak menjadi meningkat.  Saat otak dialiri darah yang lancar maka emosional dan kemampuan kognitif anak menjadi semakin baik. Selain hal tersebut  otak juga akan melepaskan dopamin dan akan membuat pendengarnya menjadi lebih tenang. Perlu diketahui bahwa dopamin merupakan zat kimia  yang mempengaruhi perasaan di jiwa dan membuat rileks seseorang.

  1. Mengurangi Risiko Stress

Ketika mendengarkan musik klasik, maka sebagian organ dalam tubuh menjadi rileks.  Dengan begitu anak menjadi lebih tenang dan bahagia. Tentu saja hal ini mampu mengurangi peluang sang buah hati menjadi stress dan frustasi. Terapi musik juga sudah cukup terkenal di luar negeri dan menjadi tren.

  1. Mencegah Insomnia

Selain mengurangi peluang stress, mendengarkan musik juga dapat membantu seorang anak tidak terkena penyakit insomnia atau susah tidur. Caranya cukup mudah, yaitu mendengarkan musik klasik selama 30 sampai 45 menit sebelum tidur.

  1. Memperkuat  Daya Ingat

Jika anda memiliki anak yang sedikit pelupa maka mendengarkan musik klasik dapat membantu anak anda sedikit demi sedikit dalam mengurangi kelemahannya. Mendengarkan musik klasik dapat membantu seorang anak untuk meningkatkan daya ingatnya.  

Musik klasik mampu merangsang jalur otak sehingga sel-sel dalam otak dapat terhubung satu sama lain. Dalam artian daya ingat anak bisa meningkat. Pada saat mendengarkan musik, maka sel otak ikut berkontraksi dan memproses penalaran spasial. Hal ini juga mampu meningkatkan logika sang anak dan berpikir kreatif.

Itulah beberapa manfaat dari musik klasik untuk perkembangan anak. Di luar itu tentu masih banyak sekali manfaat musik klasik yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan.

Manfaat lain apa yang Anda rasakan?

www.butikpiano.com
Temmy - 08118689987

Setiap orang memiliki kesukaan dan kegemaran masing-masing dalam hal menikmati alunan musik. Dari berbagai jenis musik yang ada, musik klasik tetap menjadi musik yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di seluruh dunia. Bagaimana tidak, musik klasik memiliki keindahan tersendiri yang khas dan merdu untuk dinikmati. Dapat dibilang jika musik klasik memang tiada matinya.

Karena karya-karya agung composer musik klasik pada jaman dahulu menciptakan sebuah alunan melodi yang indah. Bahkan untuk menguasai permainan musik klasik bukanlah hal yang mudah dan harus menempuh jenjang pendidikan tersendiri. Berbicara mengenai musik klasik, Anda yang menyukai musik jenis ini pasti akan selalu ingin untuk menikmati musik ini secara live yang dimainkan secara langsung oleh professional. Ya, untuk menikmati musik klasik tersebut Anda bisa kunjungi berbagai recital piano yang akan menyuguhkan keindahan musik klasik.

Apa itu recital?

Pada dasarnya recital musik merupakan sebuah pertunjukan musik vocal ataupun instrument yang biasanya dihadirkan oleh seseorang ataupun suatu grup musik yang telah mempelajari lagu baru dan ingin mempresentasikannya di depan publik. Karya yang dihadirkan di recital tersebut bisa berupa lagu ciptaan sendiri maupun lagu ciptaan orang lain.

recital piano

Sumbr gambar: pearltrees.com

Apa bedanya dengan recital piano?

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa recital piano merupakan pertunjukan musik secara live di depan publik dalam rangka sang pemain piano ingin mempresentasikan sebuah karya dalam alunan piano. Sebenarnya tak jauh beda dari sebuah konser, yang membuat perbedaan antara recital dengan konser adalah skala penontonnya.

Recital piano sangat erat kaitannya dengan musik klasik. Kerena musik yang biasa dimainkan dalam recital piano merupakan musik klasik dari berbagai komposer terkenal dengan tingkat kesulitan masing-masing. Tingkatan kesulitan dari permainan musik klasik ini akan sangar terlihat ketika seorang professional memainkannya. Dari tingkat kesulitan tersebut sang pianis akan memperlihatkan sisi indah dari musik klasik itu sendiri yang akan membuat penonton recital piano menjadi terhipnotis dengan keindahan alunan musik yang diberikan.

Setelah mengerti apa itu recital piano, apa keuntungan yang didapatkan ketika mendatangi sebuah recital piano?

Tentunya disana bisa mendengarkan secara live betapa indahnya musik klasik. Bagi Anda yang memiliki hobi mendengarkan musik klasik pasti akan terus menerus mengunjungi sebuah recital musik karena dengan mengunjungi recital musik tersebut bisa mendapatkan kepuasan tersendiri dalam hal menikmati musik klasik. Selain itu, mengunjungi ke recital musik seseorang juga merupakan apresiasi dan sambutan luar biasa bagi para pianis yang mengadakan recital piano tersebut sehingga para professional di bidang musik juga akan lebih bersemangat dan terus menghasilkan karya yang indah untuk dinikmati oleh pendengar musik klasik.

Pernahkah Anda menonton recital piano? Bagaimana kesan Anda setelah menghadiri recital tersebut?

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Musik klasik merupakan salah satu musik yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Pengertian asli secara harfiah, musik klasik merupakan komposisi musik yang berasal atau lahir dari budaya Eropa, tepatnya berkisar pada tahun 1750-1825. Namun seiring berkembangnya jaman pengertian ini mulai diperundingkan kembali.

Apa sih alasannya? Karena itu artinya musik aliran musik klasik yang diciptakan pada tahun-tahun setelah itu dianggap bukan musik klasik. Nah inilah yang sempat menjadi perdebatan sehingga dibuatlah artian lain tentang musik klasik yang menyatakan bahwa musik klasik adalah semua musik yang memiliki keindahan intelektual tinggi dari semua jaman. Semua itu bergantung pada sisi di mana sesorang menikmati musiknya.

Jika menikmati musik dari elemen intelektual, maka alunan musik karya abad 20-an era modern seperti Kitaro, Richard Clayderman, Yanni, serta Enya dapat digolongkan sebagai karya musik klasik. Tetapi jika seseorang tetap berpegang teguh pada pendapat yang pertama, maka musik-musik yang disebutkan tadi bukan merupakan musik klasik. Untuk itu tersedia genre musik tersendiri yaitu genre musik new-age atau bisa juga digolongkan menjadi art music.

konser piano klasik

Sumber gambar: pianostreet.com

Musik klasik memiliki ciri khas tersendiri, sehingga akan sangat mudah untuk membedakan jenis musik satu ini. Musik klasik menggunakan peralihan dinamika dari lembut ke keras atau dikenal dengan Crescendo, dari keras ke lembut atau dikenal dengan istilah Decrescendo, perubahan tempo dengan percepatan atau biasa disebut dengan istilah Accelerando, serta yang terakhir adalah perubahan tempo dengan perlambatan atau Ritardando. Adanya perbedaan tersebut tetap menjadikan musik klasik enak untuk didengar dan dinikmati pada setiap moment.

Namun sayangnya banyak generasi muda jaman sekarang yang mulai lupa dan tidak tertarik dengan jenis musik yang satu ini. padahal musik ini memiliki manfaat yang besar jika seseorang bisa menikmati musik ini dengan benar.

Lalu bagaimana tips untuk mendengarkan musik klasik yang baik? Beberapa tips ini akan membuat Anda menjadi lebih menikmati musik klasik.

  • Untuk menikmati jenis musik klasik  ini secara tepat terlebih dahulu anda di tuntut untuk mengetahui istilah-istilah musik terlebih dahulu. seperti halnya form sonata, symphony, concerto, fuga/fugue, opera, minuet, oratorio dan lain sebagainya.
  • Bisa juga dengan mengenali berbagai jenis instrument yang dimainkan pada musik klasik mulai dari nama-nama dari alat musik yang digunakan, jenis suara, sampai dengan ciri khas dari suara yang dikeluarkan oleh instrument musik.
  • Anda juga bisa memulai untuk mengenali dari sisi konduktor, vocal, sampai dengan mengerti musik klasik mana bagian intro, mana bagian coda, mood, tempo dan lain sebagainya

Dengan mengeteahui hal-hal tersebut maka Anda akan lebih menikmati musik klasik yang anda dengar. Selain enak untuk didengarkan, tanpa disadari musik klasik memberikan manfaat yang sangat besar bagi otak manusia. hal tersebut dibuktikan dengan berbagai penelitian yang menunjukan bahwa alunan musik klasik memberikan efek positif bagi otak karena alunannya yang lembut dan sangat indah untuk didengarkan.

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Piano adalah salah satu alat musik yang mengeluarkan nada-nada indah nan elegan. Harganya yang fantastis atau bisa dikatakan memiliki harga tinggi menjadikan instrument ini hanya dimiliki oleh kalangan atas. Dari harganya yang fantastis tersebut menjadikan piano harus selalu dirawat dengan baik agar tetap bisa mengeluarkan nada-nada indah serta lebih enak untuk dipandang.

Terlebih lagi bagian-bagian yang terdapat di piano terdiri dari berbagai macam material seperti kayu, besi, tembaga, baja, plastik, kuningan, bahan perekat, kapas dan segala macamnya yang menjadikan beberapa spot yang ada di dalam piano sulit untuk dibersihkan dengan baik. Padahal instrument piano harus dirawat dengan baik agar saat dimainkan masih memiki performa bagus

Perawatan piano menjadi sangat penting ketika Anda adalah seorang pianis yang mengharuskan memainkan instrument ini setiap saat. Wajib bagi Anda untuk mebersihkan piano agar selalu mengeluarkan suara yang indah serta dengan perawatan secara teratur bisa menjadikan piano lebih awet. Pada dasarnya hanya perlu melakukan 3 cara untuk merawat piano dengan benar dan aman. 

perawatan piano berkala

Sumber gambar: WikiHow

Tuning secara rutin

Tuning dilakukan agar piano dapat selalu memberikan suara yang merdu, untuk piano yang sudah lama maka tuning bisa dilakukan 2 kali setahun. Dengan melakukan tuning yang baik akan menjaga performa piano tetap baik karena suara yang dikeluarkan dari dawai-dawai piano terjaga kestabilannya. Untuk piano yang masih baru hanya perlu dilakukan 4 kali tuning di tahun pertama pembelian. Setelah itu makan performa dari piano sudah menjadi baik karena dawai bisa beradaptasi serta memiliki peregangan yang tepat.

Penempatan piano yang tepat

Tampatkan piano di tempat yang tertutup dengan suhu ruang yang terjaga. mengapa? Karena jika piano di letakkan di suhu panas ataupun lembab akan sangat berpengaruh dengan hasil dari suara piano. Nah jadi sekarang sudah tahu kan jika peletakkan piano juga sangat berpengaruh sebagai salah satu bentuk perawatan dar instrument yang satu ini.

Pembersihan piano dengan tepat dan benar

Tahap akhir dari perawatan piano yang wajib untuk dilakukan yaitu membersihkan piano secara rutin. Untuk membersihkan piano dari debu yang melekat cukup dengan membersihkannya menggunakan lap yang memiliki tekstur kain lembut. Jangan lupa untuk memberikan semir khusus piano yang memiliki sifat anti-statik sehingga akan menjaga piano dari debu yang melekat. Sedangkan untuk membersihkan tuts piano jangan pernah menggunakan bahan kimia yang memiliki kandungan yang keras karena justru akan merusak tuts piano. Lebih baik menggunakan bahan khusus pembersih tuts piano yang lembut serta lembab. Dengan menggunakan bahan pembersih yang tepat maka akan menjaga kualitas piano menjadi tahan lama serta selalu terlihat seperti baru.

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Jika Anda sering mendengarkan musik, maka seharusnya tidak asing lagi dengan istilah genre musik. Istilah genre musik memiliki arti pengelompokkan musik berdasarkan unsur-unsur yang melekat pada musik itu sendiri. Pada dasarnya, tidak ada aturan baku dalam menentukan genre sebuah musik. Bahkan ada beberapa musik yang menjadikan dua genre musik kemudian di lebur jadi satu.

Jenis jenis musik yang perlu diketahui

Tiap genre atau jenis musik memiliki ciri khas masing-masing mulai dari lirik dominan, ketukan dan gaya pembawaan yang sangat mudah kita cirikan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis musik yang paling banyak digemari:

1. Klasik

Pada umumnya, musik klasik sering ditujukan kepada musik klasik daerah eropa. Namun secara estetika, musik klasik merupakan musik yang memiliki keindahan tingkat akhir dan sudah sampai puncaknya, terlepas dari manpun musik itu berasal. Musik klasik legendaris banyak dihasilkan pada abad ke-17.

2. Country  

Musik country merupakan perpaduan unsur musik dari Pegunungan Appalachia dan Amerika Selatan. Menurut sejarah musik country mulai berkembang di Amerika sejak tahun 1920-an, namun penggunaan istilah musik country sendiri baru muncul tahun 1940-an. Penyanyi musik country paling hits saat ini adalah Taylor Swift.

3. Jazz

Musik jazz adalah musik yang merupakan pencampuran antara musik  ragtime, blues, dan musik Eropa. Instrumen pada genre jazz biasanya didominasi oleh  trombon, gitar, terompet, piano, dan saksopon. Pada musik jazz sendiri terapat beberapa subgenre, misalnya saja swing, dixieland, hard bop, free jazz, smooth jazz, bebop, cafJazz , dan jazz fushion. Musisi musik jazz yang terkenal di Indonesia antara lain Spirit Band,  Benny Likumahuwa, Bhaskara, Barry Likumahuwa Krakatau, Karimata,Bubi Chan, ,Jopie Item, Embong Rahardjo, Indra Lesmana, dan lain-lain.

4. Blues

Blues merupakan sebuah genre musik instrumental dan vokal yang bersumber dari Amerika Serikat. Padah awalnya, musik blues merupakan musik-musik spiritual dan pujian  dari komunitas mantan budak-budak yang berada di Amerika. Dan sebetulnya asal-usul blues ini dari daerah Afrika Barat. Lagu blues juga dipakai untuk yel-yel dan algu penyemangat kerja dalam proses perkembangannya.

5. Rock

Musik rock salah satu genre musik yang sangat populer. Perpaduan antara musik rythm dan blues. Musiknya sangat bersemangat karena instrumen gitar listrik dan dentuman drum yang cepat.

6.Pop

Tak ada yang pasti tentang jenis musik pop, karena musik pop merupakan musik yang berkembang cepat mengikuti tren yang sedang terjadi. Biasanya mengambil unsur dari genre lainnya.

Selain genre di atas masih banyak sekali genre musik lainnya seperti death metal, dangdut, R&B, reggae, World, Funk, Metal.

Semoga artikel ini menambah pengetahuan Anda seputar jenis-jenis musik yang populer di kalangan masyarakat dunia. Aliran manakah yang menjadi favorit Anda?

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Piano merupakan salah satu alat musik klasik yang sangat populer dan unik di antara instrumen lainnya. Tidak seperti keyboard, meskipun sama-sama memiliki tuts, namun piano menghasilkan suara dari senar yang dipukul pada lambung piano.

c7 yamaha1 150x1502x petrof

Walau terlihat mudah, ternyata ada beberapa istilah dan teknik dasar yang harus diketahui dulu sebelum kita mulai mempelajari  piano. Terlebih jika Anda memang benar-benar serius ingin mendalami bidang ini.

Berikut ini merupakan istilah-istilah yang banyak dipakai dalam belajar piano dan keyboard:

1. Layer

Layer biasa disebut dengan lapisan, dilakukan untuk menhasilkan lebih dari 1 suara pada tuts yang sama. Contohnya kita set layer 1 adalah piano, lalu ditumpuk layer selanjutnya berupa sring, pada saat Anda memencet tuts, maka yang keluar adalah suara string dan piano pada waktu yang sama.

2. Split

Plit merupakan lawan dari layer, berfungsi untuk mengatur suatu daerah untuk menghasilkan suara yang ditentukan. Misalkan  

3. Fingering

Fingering merupakan teknik menempatkan jari pada posisi yang benar pada tuts-tuts yang ada pada piano. Teknik ini sangatlah penting terutama pemula karena ini merupakan dasar untuk dapat menguasai tangga nada serta candence.

4. Harmony

Harmony merupakan teknik yang menyangkut chord progression serta voicing and accompaniment, berguna untuk melatih diri Anda untuk mengembangkan chord yang dipakai dalam sebuah lagu. Jika sudah menguasai harmonisasi ini, maka akan tercipta komposisi musik yang seimbang atau harmonis.

5. Reading

Reading yaitu teknik untuk Anda yang hendak belajar piano namun belum begitu menguasai not balok dan combo partitur sebuah lagu. Dengan teknik ini seharusnya Anda lebih mudah dalam membaca partitur not balok.

6. Rythm dan tempo

Merupakan teknik untuk menyesuaikan nada-nada pada piano dengan alat musik lain seperti drum, perkusi, bass, gitar dan alat musik lainnya. Pokok pada teknik ini kita dituntut untuk mengetahui not dan ketukan (ritme) sehingga terdapat jiwa yang hidup dalam permainan sebuah  musik.  Jika ritme dan tempo sudah kamu kasai maka hanya ada satu nyawa dalam satu grup musik meskipun terdiri dari berbagai jenis alat musik atau instrumen.

7. Touching

Teknik toucing merupakan salah satu teknik dalam bermain piano yang begunakan untuk memahami interprestasi dalam bermain musik terlebih dalam bermain piano. Dalam arti, bermain piano tidak hanya sekedar bermain musik namun musik itu sendiri juga yang harus mewakili jiwa Anda. Menggunakan teknik touching ini kita menjadi tahu harus bermain cepat atau lambat. Inti dari teknik touching ini Anda harus memiliki feeling yang bagus dalam bermain piano.

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Seperti yang kita ketahui bahwa instrument piano merupakan alat musik yang mengeluarkan nada-nada yang begitu indah ketika dimainkan oleh orang-orang yang sudah professional. Terlebih lagi jika seseorang memainkan musik klasik menggunakan instrument ini, keindahan alunan musik ini seakan menenangkan jiwa.

Apakah Anda termasuk seorang pianis professional? Ataupun seorang guru piano? Atau seorang yang hobi bermain piano? Ataupun orang yang sedang berlatih bermain piano? Apa yang menjadi kendala Anda dalam memailnkan alat musik yang satu ini? kebanyakan pemain piano menemukan permasalahan pada nada suara yang terkadang suara yang dikeluarka kurang sesuai. Hal ini sering terjadi terlebih lagi pada instrument piano yang sudah cukup tua.

Harus memiliki peralatan yang memadai

Untuk menyetem piano memang bukanlah hal yang mudah, mengapa? Karena dalam hal ini dibutuhkan kepekaan terhadap nada yang cukup sensitive. Ketika Anda melakukan atau menyetem sendiri maka Anda harus memiliki berbagai peralatan khusus untuk menyetem piano. Banyak hal yang harus dipelajari seputar piano agar dapat mengeluarkan nada sesuai dengan yang diinginkan.

Bahkan bagi pianis professional pun belum tentu bisa menyetem piano sendiri. maka dari itu untuk menyetem sendiri instrument piano wajib memiliki peralatan khusus yang dibutuhkan seperti garpu tala, seperangkat alat penyetem khusus piano, mikrofon yang memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi, serta berbagai perangkat lunak lain yang bisa membantu memastikan nada pada dawai tuts yang disetem.

Memahami bagian dari piano

Tentu pemahaman mengenai bagian dari piano terutama pada dawai tuts harus baik. hal tersebut sangatlah penting karena di dalam instrument piano terdiri dari ratusan dawai yang masing-masing memiliki tegangan yang tinggi. Dalam mengencangkan dawai tuts tak boleh terlalu kencang karena akan mengakibatkan hal yang fatal yaitu dawai tuts bisa patah ketika tegangannya terlalu kencang. Terlebih lagi jika Anda tak hati-hati bisa saja dawai patah dan melukai bagian tubuh Anda. sehingga sebelum menyetem piano ada baiknya untuk memahami secara baik bagian dari piano ini.

Belajar menyetem yang baik dari yang sudah ahli

Ya, dalam hal menyetem ini memang tak bisa dianggap remeh dan memang harus belajar pada orang yang tepat. Untuk memiliki kempampuan menyetem maka Anda harus memiliki kepekaan atas nada yang sangatlah tinggi. untuk belajar menyetem sendiri piano Anda bisa dimulai dari hal-hal mendasar terlebih dahulu. kenali seberapa tegangan dawai piano yang tepat pada tiap tuts piano. Selain itu kenali berbagai macam alat yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam menyetem piano.

Dengan menyetem sendiri piano yang Anda miliki maka akan ada kepuasan sendiri karena Anda sudah benar-benar mendalami seluk-beluk tentang instrument piano yang Anda mainkan. 

Selamat mencoba!

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Untuk Anda yang suka mengikuti perkembangan di dunia musik, pasti udah tidak asing dengan nama Joey Alexander. Bocah berusia sebelas tahun ini dijuluki prodigy alias bocah ajaib dalam bidang musik. Bayangkan aja, di usianya yang masih bisa disebut bocah, Joey telah mengukir sejarah sebagai artis Indonesia pertama yang mendapat nominasi di ajang penghargaan musik paling bergengsi di Amerika Serikat, Grammy Awards, berkat album jazznya yang berjudul My Favorite Things. Joey bahkan tampil di panggung Grammy dan mendapat standing ovation alias tepuk tangan berdiri dari para hadirin yang didominasi oleh musisi papan atas Amerika sebagai bentuk penghargaan mereka.

Berkarir sebagai pianis memang patut dicoba, apalagi kalau Anda memang memiliki basis di bidang tersebut serta kemampuan dan bakat dalam bermain piano. Tapi, apakah karir pianis harus dicapai dengan mengenyam les formal? Nyatanya, tidak harus selalu dengan les formal.

Salah satu bocah berbakat dalam musik lainnya dari Indonesia yaitu Michael Anthony, diketahui nggak mengenal pelajaran piano secara formal seperti anak lain pada umumnya. Michael diketahui bisa memainkan lagu menggunakan piano dengan hanya mempelajarinya menggunakan pendengaran. Cara belajar yang unik ini terutama karena Michael adalah anak dengan keterbatasan dan nggak tertarik untuk belajar kunci piano seperti C, F, A seperti anak kebanyakan.

panggung pianis

Sumber gambar: Wikimedia

Guru piano Michael, Ivana juga menyakan bahwa Michael nggak bisa menyerap ajaran piano secara verbal. Ivana kemudian memilih cara khusus dalam melatih Michael, yaitu dengan memainkan lagu sambil mengatakan tipe melodinya. Dari sinilah Michael merekam nada-nada yang ditangkapnya di dalam kepala. Dengan cara pengajaran seperti ini, di usia sebelas tahun Michael menggelar konser bertempat di Erasmus Huis dengan memainkan lagu Rhapsody in Blue karya salah seorang komposer terkenal Amerika, Geroge Gershwin. Padahal, lagu Rhapsody in Blue termasuk lagu panjang yang rumit dan kerap dimainkan oleh orang dewasa. Michael bahkan bisa menghafal lagu tersebut dalam kurun waktu satu setengah bulan saja.

Menurut pianis senior Ananda Sukarlan, metode dalam mengajar anak-anak terkait bakat musik memang nggak boleh monoton, apalagi terlalu berpatokan pada buku. Itu juga yang bikin Ananda memasukkan taktik berbeda dalam tiga jilid modul untuk mengajar piano klasik yang diterbitkannya. Ananda lebih banyak menggunakan nomor-nomor menyenangkan nih dan nggak bakal bikin anak-anak bosan. Misalnya adalah lagu yang menceritakan tentang matahari terbenam, anjing pudel serta lari pagi. Semuanya ia tulis berdasarkan pengalaman Ananda sendiri dalam mengajarkan piano untuk Alicia, putrinya.

Berkarir sebagai pianis nggak selamanya harus ditempuh dengan les formal. Anda bisa mempelajarinya secara otodidak.

www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Permainan musik yang dihasilkan dari instrument piano telah menghipnotis banyak orang karena keindahannya yang amat sangat menenangkan jiwa. Tentunya dibalik musik klasik khas yang sangat indah dimainkan oleh para professional, terdapat andil yang besar dari para composer terdahulu yang berhasil menciptakan keindahan musik yang luar biasa. Sejarah dari komposer piano terkenal tak bisa dilupakan karena karyanya yang sampai sekarang masih dimainkan oleh banyak pianis professional.

Berikut ini merupakan 3 tokoh yang memiliki andil besar dalam sejarah berkembangnya musik klasik.

Wolfgang Amadeus Mozart

wolfgang amadeus mozart

Sumber gambar: Biography.com

Diawali dengan toko yang satu ini merupakan composer yang lahir di Austria tepatnya pada tanggal 27 januari 1756. Mozart sudah memiliki bakat bermusik sejak umur 4 tahun dan bahkan pada umur 5 tahun ia sudah bisa menciptakan sebuah lagu. Hal tersebut membuat ayahnya sangat bangga dan selalu mengajak Mozart pada setiap tur musik yang diadakan pada jaman tersebut. Mozart yang hanya belajar musik secara otodidak ini membuat banyak musisi terkagum-kagum atas kemampuan yang dimiliki. Karya-karya terpenting dari Mozart antara lain Symphony No 25 in G Minor K. 183 yang dibuat pada tahun 1773, serta Symphony in A Major K. 201 yang dibuat pada tahun 1774.

 

Frederic Chopin

frederic chopin

Sumber gambar: piano4life.com

Merupakan salah satu composer yang terkenal di kala itu, Chopin dilahirkan di sebuah kota kecil yang berada di Polandia. Chopin mengimprovisasi bakatnya dengan belajar musik secara formal. Chopin dikenal sebagai sosok composer yang mengembangkan konsep yang artistic pada setiap permainan pianonya. Dalam permainannya kedalaman dari tema sangat terasa membuat alunan musik  menjadi sangat indah untuk dinikmati. Ia juga menciptakan gaya musik tersendiri yaitu dengan menggabungkan antara musik tradisional polandia dengan musik barat yang dalam permainannya selalu menekankan pada penguasaan pedalsebagai penekanan pada sustain, penemmpatan akor bass, serta menjadikan ornament musik yang memiliki keindahan tersendiri. Karya terpenting yang diciptakan oleh Chopin pada dua konserto piano  adalah Fantasy in F minor, Berceuse, Barcarolle.

 

J.S Bach

johann sebastian bach

Sumber gambar: allmusic.com

Johann Sebastian Bach di lahirkan di Jerman pada tanggal 21 Maret 1685. Bach bersekolah melanjutkan pendidikannya di sekolah Lyceum. Di sekolah ia terkenal sangat berprestasi, ia juga belajar menkomposisi sebuah musik dengan cara yang lazim sesuai dengan ilmu yang ada pada zaman itu yaitu dengan menyalin buku musik komposisi komponis Barok. Bach memulai karirnya melalui koor musik gereja, yang kemudian bisa menjadi composer piano yang handal. Pada masa kejayaannya karya yang dibuat oleh Bach yaitu St. Matthew’s Passion (BWV 244). Komposisi tersebut mendapatkan sambutan yang sangatlah meriah dari public karena alunan musik gerejanya yang indah. Selain itu, Bach juga mengubah Mass in B Minor yang merupakan karya teragung sepanjang kantatanya.

http://www.butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Piano merupakan salah satu alat musik yang umum dimainkan dan dipelajari oleh banyak orang. Kalau Anda termasuk penggemar musik dan juga berniat buat belajar piano, maka salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah jenis-jenis piano lengkap dengan aksesoris penting yang menyertainya.

Pertama adalah grand piano, yaitu piano yang punya delapan puluh delapan tuts akustik serta tiga pedal. Ukuran grand piano ini adalah yang terbesar dan bahkan hampir seperti meja makan. Harga grand piano juga sangat mahal, yaitu berkisar antara sembilan puluh juta sampai dengan tiga milyar rupiah. Suara yang dihasilkan oleh piano ini juga sangat besar..

piano disklavier petrof

Piano Disklavier

Kedua ada upright piano. Dalam jenis piano yang satu ini, terdapat delapan puluh delapan tuts akustik dan tiga pedal. Ukurannya menengah saat dibentangkan dan hampir mirip seperti lemari pakaian. Harganya juga cukup mahal, antara empat puluh juta sampai seratus juta rupiah.

Berikutnya ada piano elektrik atau digital. Jumlah tutsnya ada delapan puluh delapan dan jumlah pedalnya cukup bervariasi. Sesuai namanya, piano yang satu ini menggunakan tenaga listrik. Lalu ada lagi nih keyboard elektrik yang berupa alat musik elektronik dengan bentuk seperti piano. Jumlah tutsnya beragam mulai dari empat puluh sembilan, enam puluh satu sampai delapan puluh delapan.

Terakhir adalah alat musik organ. Desainnya satu sampai tiga susun keyboard dan ada juga tingkatan dua sampai tiga tuts. Sound dari organ ini khas banget dan tersedia juga deretan pedal bass yang jumlahnya antara tujuh sampai empat belas. Untuk latihan di rumah bisa digunakan piano akustik, baik yang berbentuk upright ataupun grand. Yang paling ideal biasanya sih piano upright medium karena ukuran dan suaranya pas buat latihan di rumah. Nah, setelah membahas jenis-jenis piano, saatnya kita tahu nih apa aja sih aksesoris untuk piano itu. Aksesoris untuk piano sendiri sebenarnya nggak terlalu banyak tapi bakal berguna banget untuk kebutuhan kita dalam bermain piano.

kursi piano

Pertama adalah bangku piano atau adjustable piano bench. Bangku piano ini didesain khusus agar pianis bisa duduk dengan nyaman. Jadi jangan gunakan bangku meja biasa ya. Selain bangku piano, aksesoris berikutnya adalah partitur musik. Buat Anda yang masih belajar tentang piano, sebaiknya cari partitur yang mengajarkan gimana caraya membaca not balok dan memainkan tangga nada trinada.

Aksesoris lain yang bisa Anda pakai sebagai pelengkap dalam bermain piano adalah metronome. Metronome ini berguna dalam mengukur tempo supaya kecepatan lagu bisa stabil dengan menggunakan acuan waktu jam seperti pada umumnya. 

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan menekan tuts yang berwarna hitam dan putih. Tuts-tuts tersebut nantinya akan menghasilkan melodi yang indah dan klasik. Tidak heran jika melodi yang diciptakan piano sangat baik untuk relaksasi.

Melodinya baik untuk perkembangan bayi yang masih di dalam kandungan. Ada banyak fakta unik piano yang belum banyak diketahui oleh orang-orang awam. Fakta-fakta tersebut akan dijelaskan pada uraian di bawah ini.

 

Piano Diciptakan pada Tahun 1720

Piano pertama kali ada di dunia ini pada tahun 1720 berkat otak cerdas dan kreatif dari Bartolomeo Cristofori. Sebelum dikenal dengan nama piano, Bartolomeo Cristofori menyebut piano dengan nama Piano Et Forte. Piano Et Forte sendiri artinya lembut dan nyaring. Namun, piano ciptaan Cristofori pada tahun 1720 tidak memiliki suara yang sekeras piano yang diciptakan pada abad dua puluh.

bartolomeo cristofori

Sumber: Wikipedia

Meski begitu, piano Cristofori adalah sebuah mahakarya yang memiliki efek besar dalam perkembangan musik di dunia. Tanpa piano dari Cristofori tidak akan ada figur hebat seperti Mozart, Beethoven, Chopin, Yiruma, Lang Lang dan pianis legendaris lainnya. Piano ciptaan Cristofori masih ada dan di simpan di New York, tepatnya di Metropolitan Museum of Art.

 

Piano dengan Harga Termahal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa piano adalah barang yang mewah. Piano hanya bisa dimiliki oleh kalangan kelas atas karena harganya mencapai jutaan Rupiah. Namun, di dunia ini ada piano yang memiliki harga termahal yaitu piano milik pentolan band legendaris The Beatles, John Lennon.

john lennon - The Beatles

Sumber: Storify

Piano milik John Lennon disimpan di Museum Liverpool. Konon, harganya sekitar dua puluh satu miliar Rupiah.  Alasan di balik fakta unik ini karena piano ini adalah media bagi John Lennon untuk menghasilkan karya-karya besarnya dan The Beatles, salah satunya untuk menciptakan lagu Imagine.

 

Penemuan Piano Elektrik

Fakta unik piano berikutnya adalah adanya piano yang berjenis elektrik. Piano berjenis elektrik pertama kali ditemukan pada tahun 1930. Piano elektrik adalah salah satu bentuk inovasi dalam sejarah perkembangan piano. Pada dasarnya piano elektrik tidak ada bedanya dengan piano klasik. Keduanya memiliki susunan not dan chord yang sama.

Kualitas nada yang dihasilkan oleh keduanya pun sama. Tetapi keduanya memiliki volume nada yang berbeda. Piano elektrik ini bisa disambungkan dengan loudspeaker sehingga volume suaranya lebih keras dan bisa didengar dengan jelas meski di dalam gedung pertunjukan yang besar.

 

Pianis Wanita Mendominasi di Amerika Serikat

Jika selama ini kita tahu bahwa pianis-pianis terkenal di dunia ini adalah laki-laki seperti Mozart atau Beethoven. Tetapi di Amerika Serikat sebanyak delapan belas juta pianis yang ada di negara itu didominasi oleh wanita berusia dua puluh delapan tahun sebanyak tujuh puluh sembilan persen.

 

Menarik bukan, fakta-fakta unik di atas? Bisakah Anda menambahkan fakta unik piano lainnya?

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Piano merupakan instrumen musik klasik yang menghasilkan nada-nada yang harmonis. Alat musik ini termasuk alat musik kelas atas. Tidak semua orang dapat memilikinya secara pribadi karena harganya yang selangit. Mempelajari piano pun butuh biaya yang tidak sedikit. Sehingga, akan sia-sialah sebuah piano jika pemiliknya tidak tahu bagaimana merawatnya.

 

Langkah-langkah Perawatan Piano

Perawatan menjadi hal penting karena bertujuan untuk menjaga kualitas piano. Anda tentunya tidak ingin piano Anda mudah rusak, terutama saat Anda telah merasakan beberapa manfaat bermain piano. Piano yang rajin dirawat akan menghasilkan nada-nada yang indah, stabil dan dinamis. Sedangkan, piano yang jarang melakukan perawatan memiliki kualitas suara yang tidak stabil dan tidak harmonis. Untuk menjaga kualitas nada-nada yang dihasilkan, Anda bisa mempraktekkan beberapa cara perawatan piano yang bisa Anda lakukan sendiri.

 

Selalu Bersihkan Piano

Di mana pun dan kapan pun kebersihan adalah hal yang paling esensial. Sehingga tidak heran jika menjaga kebersihan adalah hal yang penting, sama halnya dengan menjaga kebersihan instrumen piano Anda. Jika Anda jarang membersihkan piano maka akan ada banyak debu yang mengumpul di piano Anda. Lama kelamaan debu akan semakin menumpuk dan bisa masuk ke organ dalam piano. Jika debu sudah masuk ke organ dalam piano bisa menyebabkan nada suara yang dihasilkan tidak sempurna.

Oleh karena itu, sebaiknya merawat piano dengan membersihkannya setiap kali Anda selesai menggunakan. Anda bisa mengelapnya dengan lap kering dan basah ke sekujur bagian luar piano. Anda perlu berhati-hati dalam membersihkan bagian dalam piano, karena di dalamnya banyak komponen-komponen piano yang rapuh dan mudah patah. Sehingga, jika Anda ingin membersihkan bagian dalam piano Anda bisa memanggil ahli untuk melakukannya.

 

Pilih Tempat yang Tepat

Cara mudah merawat piano yang kedua adalah penempatan piano. Penempatan piano perlu diperhatikan karena hal ini terkait dengan suhu dan kelembaban udara. Suhu dan kelembaban udara perlu diperhatikan karena akan berimbas pada piano. Umumnya piano tersusun atas kayu dan besi. Kayu dan besi adalah dua material yang sensitif terhadap suhu dan kelembaban udara.

Suhu yang tidak sesuai bisa berefek pada melemahnya lem perekat pada sendi-sendi kayu piano. Sedangkan, pada besi suhu yang tidak sesuai bisa menyebabkan karat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menempatkan piano Anda di ruangan dengan air conditioner karena suhunya stabil dan bisa Anda atur sendiri.

tuning piano

Sumber gambar: Pixabay

Tuning Piano

Melakukan tuning pada piano adalah cara mudah merawat piano dengan tujuan menjaga kestabilan nada-nada yang dihasilkan piano. Untuk melakukannya, Anda memerlukan kepekaan tinggi akan nada, Tuning piano ini berkaitan dengan performa dari senar-senar yang ada di dalam piano yang bertugas menghasilkan nada-nada piano. Proses ini adapat Anda lakukan dua sampai empat kali setahun.

 

Merawat piano tidaklah sulit, Anda hanya harus meluangkan sedikit waktu untuk memulainya. Setelah selesai, maka piano akan lebih nyaman untuk dimainkan.

Selamat mencoba!

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Musik adalah bahasa universal. Bahasa yang disampaikan oleh musik bisa tersampaikan ke seluruh penjuru dunia. Tidak peduli jika orang yang mendengar tidak mengerti arti liriknya, musik membawa emosi yang dapat dirasakan semua orang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang memulai belajar piano sebagai salah satu hobi.

 

Keuntungan Bermain Piano

Manfaat bermain piano ini dapat Anda rasakan dalam berbagai aspek, baik jiwa maupun raga. Banyak orang tua rela membayar mahal untuk kursus piano sang buah hati karena berman piano memiliki efek positif untuk perkembangan jiwa dan raga buah hati. Dan, di bawah ini ada beberapa manfaat bermain piano yang perlu Anda ketahui dan semoga bisa memotivasi Anda untuk belajar piano.

 

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Belajar tentang musik adalah salah satu cara untuk memperoleh keseimbangan antara otak sebelah kanan dan otak sebelah kiri. Sama halnya dengan memainkan piano. Tuts-tuts piano yang menghasilkan nada-nada berbau klasik sangat baik untuk perkembangan otak dan emosi bayi yang masih berada di dalam kandungan. Selain itu, bermain piano bisa menstimulasi sel-sel otak untuk terus berkembang.

Perkembangan sel-sel di dalam otak yang cepat akan berefek pada perkembangan tingkat intelegensi dan kecerdasan seorang individu. Karena manfaat bermain piano penting bagi kecerdasan otak tidak heran banyak orang tua melatih anaknya bermain piano sejak dini. Usia anak-anak merupakan tahap di mana sel-sel otak berkembang lebih cepat dibanding usia remaja atau dewasa.

 

Melatih Konsentrasi dan Ketekunan

Piano bukanlah instrumen yang mudah untuk dipelajari. Jika Anda melihat para pianis terkenal seperti Yiruma dari Korea Selatan atau Lang Lang dari China, mereka dapat memainkan pianonya dengan lincah dan lihai. Itu karena mereka telah melewati proses yang panjang dalam belajar piano.

Yiruma, pemain piano dari Korea Selatan

Sumber gambar: Pinterest

Konsentrasi dan ketekunan adalah dua hal yang harus ditingkatkan dalam bermain piano. Konsentrasi dalam bermain piano diperlukan untuk memastikan bahwa fokus Anda tertuju pada tuts-tuts hitam dan putih di piano. Anda juga perlu berkonsentrasi untuk memastikan jari Anda tidak tergelincir saat menekan tuts piano.

Sedangkan, ketekunan dalam bermain piano terkait dengan kegigihan Anda menghafal not dan chord dalam piano yang tidak sedikit serta fingering dari not dan chord tersebut. Jika Anda tidak tekun dalam mempelajari piano, maka butuh waktu yang lama untuk bisa menguasai instrumen. Oleh karena itu, melatih konsentrasi dan ketekunan menjadi salah satu manfaat berman piano yang bisa Anda dapatkan.

 

Melatih Kepekaan

Musik adalah salah satu media untuk melatih kepekaan. Kepekaan yang dimaksud adalah kepekaan mengenali nada atau chord yang salah. Tidak selamanya Anda bermain piano dalam keadaan sunyi. Terkadang Anda perlu bermain piano di tempat yang tidak kondusif dan tenang untuk meningkatkan kepekaan terhadap nada-nada yang Anda hasilkan.

 

Adakah manfaat lain bermain piano yang Anda rasakan selama ini? 🙂

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Piano adalah alat musik yang istimewa. Dengan kombinasi tuts warna hitam dan putih, piano bisa menghasilkan melodi indah dan harmonis. Sayangnya, piano dikategorikan alat musik kelas atas karena harganya yang mahal bisa sampai jutaan rupiah. Selain itu, untuk mempelajari piano biasanya membutuhkan kursus tambahan dengan biaya yang tidak murah.

Tidak heran jika belajar piano untuk pemula sering dilakukan di akademi musik atau mengundang guru les piano secara privat. Namun, jika Anda memiliki tekad dan kegigihan, bermain piano bisa Anda pelajari secara otodidak dengan memperhatikan tips belajar piano yang mudah diikuti bagi para pemula

 

Mengenal Instrumen Piano

Secara umum, piano adalah alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tutsnya. Bagi pemula, tahapan belajar tidak dimulai langsung dengan pengenalan not dan chord, melainkan mengenal dulu jenis instrumen piano yang digunakan. Apakah itu piano klasik, piano elektrik atau keyboard. Piano dan keyboard memiliki perbedaan meski dimainkan dengan jari tangan.

Piano adalah instrumen musik yang dimainkan dengan jari-jari tangan. Sedangkan, keyboard juga dimainkan dengan jari-jari tangan hanya saja keyboard memiliki sound effect tambahan seperti suara gitar, drum, bass, seruling, terompet sampai perkusi. Singkatnya, keyboard itu seperti band.

 

Mempelajari Notasi Piano

Setelah mengetahui jenis instrumen yang akan digunakantahap pembelajaran piano selanjutnya adalah mengenal notasi piano. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui nada-nada yang dihasilkan oleh piano dengan cara menekan tutsnya. Pada tahap ini ketajaman pendengaran Anda benar-benar diuji. Anda harus mendengarkan dengan saksama nada-nada yang dihasilkan ketika menekan tuts dan mencoba untuk menghafalnya.

Dalam tahap ini, Anda akan mengenal istilah not dan chord. Dua istilah ini memiliki makna yang berbeda meski terkait dengan nada yang dihasilkan oleh piano. Not didefinisikan sebagai lambang nada seperti Do, Re, Mi, Fa, So, La dan Si.

Sedangkan, chord atau akord adalah kumpulan tiga atau lebih not yang dimainkan secara bersamaan atau terputus-putus untuk menghasilkan suatu harmoni atau lagu. Chord dilambangkan dengan huruf dari mulai C untuk Do, D untuk Re, E untuk Mi, F untuk Fa, G untuk Sol, A untuk La dan B untuk Si. Chord sendiri dibagi atas chord mayor dan chord minor.

chord piano

Sumber gambar; Pixabay

Melatih Fingering

Fingering adalah peletakan jari-jari di atas tuts piano atau bisa disebut juga dengan senam jari. Tahapan ini adalah tahapan wajib dan penting dalam belajar piano bagi pemulaTujuan dari fingering adalah untuk melatih refleks jari saat bermain piano sehingga jari-jari dapat bergerak secara luwes ketika berpindah dari satu tuts ke tuts lain. Jari-jari yang biasanya digunakan untuk menekan tuts piano adalah kelingking, telunjuk dan ibu jari atau jempol.

 

Untuk Anda yang ingin belajar piano, tidak usah ragu memulainya. Meski awalnya sebagai pemula, dengan latihan rutin dan semangat kuat tidak butuh waktu lama menjadi pianis handal.

Selamat belajar!

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Pada umumnya, para pelanggan yang baru saja berpikiran untuk belajar memainkan alat musik piano ataupun yang belum ahli akan kebingungan memilih diantara 2 jenis piano, yakni Piano Grand dan Piano UprightMemang kedua jenis piano tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Lebih banyak orang yang memilih untuk membeli Piano Grand, karena bentuknya yang memang cantik dan tampak elegan ketika ditempatkan di daerah rumah yang manapun. Tetapi orang-orang tersebut tidak memikirkan masalah suara yang dapat dikeluarkan oleh masing-masih opsi piano. Para ahli mengatakan bahwa kalau Anda memang serius ingin belajar memainkan piano, Piano Upright adalah pilihan yang lebih baik.

 

Beberapa Kelebihan Piano Upright

Ada beberapa hal yang menyebabkan para ahli lebih merekomendasikan Piano Upright daripada Piano Grand untuk orang yang memang serius ingin belajar bermain piano, dan bukan hanya menginginkan piano yang tampak cantik saja untuk memperindah ruang tamu di rumah mereka. Beberapa lasan tersebut adalah sebagai berikut ini:

Suara yang Dihasilkan

Suara yang dihasilkan oleh Piano Upright biasanya lebih jernih dan murni daripada suara yang dihasilkan oleh Piano Grand. Hal ini dikarenakan Piano Grand memang pada dasarnya ditujukan untuk pasar kalangan atas yang memang tidak mempunyai keinginan untuk belajar cara bermain piano yang baik dan benar. Sebaliknya, mereka hanya ingin hiasan yang bisa mempercantik rumah mereka.

 

Tren Produsen

Tren produsen Piano Grand saat ini adalah, memproduksi sebanyak mungkin Piano Grand dengan harga yang semurah mungkin supaya bisa berkompetisi di pasar, menggaet banyak pembeli, dan meraup uang yang banyak pula. Mereka tahu bahwa pelanggan tidak akan menghabiskan waktu untuk menilai Piano Grand dari sudut pandang nada atau suara yang bisa ia hasilkan. Sebaliknya, para pelanggan menilai dari penampilan. Para produsen berpikir bahwa hal ini berarti mereka bisa membuat Piano Grand dengan standar suara yang lebih rendah, asalkan wujudnya indah.

 

Harga

Walaupun memang dikatakan bahwa para produsen sedang perang harga demi dapat menghasilkan Piano Grand yang tampak lebih cantik dan lebih murah tanpa memperhatikan kualitas suara yang mampu piano tersebut hasilkan, tetap saja standar harga Piano Grand tidak murah. Selain menghasilkan suara yang kurang bagus, Piano Grand juga lebih mahal hanya karena penampilannya yang cantik membuat banyak orang tertarik. Hal itu tampaknya tidak adil dan sangat tidak cocok untuk Anda yang memang berniat untuk mempelajari cara bermain piano yang baik dan benar.

 

Walaupun dikatakan seperti itu, Piano Grand juga memiliki kelebihannya sendiri, sama seperti Piano Upright yang juga memiliki kelemahannya sendiri. Pada dasarnya, semua bergantung kepada kebutuhan dan tujuan yang Anda miliki ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah piano. Apabila Anda memang ingin dapat menjadi hebat dalam bermain piano, mungkin Piano Grand kurang cocok sebagai teman latihan Anda.

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Membeli piano bekas memang tampak seperti opsi yang baik, karena selain harganya yang lebih murah, umumnya yang bekas juga dapat berfungsi sebaik piano baru. Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk langsung membeli sebuah piano yang sudah pernah digunakan untuk jangka waktu yang panjang sebelumnya, Anda perlu mempelajari beberapa hal tentang latar belakang piano tersebut terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan supaya Anda mengetahui informasi yang sebenarnya mengenai alat yang ingin Anda beli tersebut. Anda tidak ingin terburu-buru dalam mengambil keputusan, karena walaupun memang harganya relatif lebih murah daripada piano baru, piano yang sudah pernah digunakan orang masih cukup mahal.

 

Hal yang Perlu Anda Tanyakan Sebelum Beli Piano Bekas

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk menanyakan beberapa hal berikut kepada sang penjual piano bekas tersebut sebelum Anda memutuskan bahwa membelinya adalah keputusan yang benar.

Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan uang banyak kemudian dibuat kecewa ketika piano tersebut Anda bawa pulang dan ingin coba dimainkan karena ternyata banyak bagian yang rusak dari piano tersebut sehingga suara yang dihasilkan kurang baik. Beberapa hal tersebut adalah:

Alasan

Alasan untuk menjual piano memang ada banyak. Tetapi perlu Anda pastikan sebelumnya bahwa alasan tersebut bukan sesuatu yang menyebabkan Anda harus mengeluarkan biaya besar dalam perbaikan piano tersebut. Anda juga perlu berhati-hati karena terkadang sang penjual bisa saja bohong demi menyembunyikan alasan yang sebenarnya. Mungkin banyak orang yang akan mengatakan bahwa mereka menjual piano tersebut karena tidak ada yang bisa memainkannya, tetapi Anda juga harus jeli. Jangan-jangan bukan tidak ada yang bisa, tapi memang sudah rusak.

 

Kondisi Piano

Ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan untuk memastikan bahwa piano tersebut dalam kondisi masih layak pakai. Salah satunya adalah jadwal tuning atau penyetelan piano. Sebuah piano harus disetel setidaknya 1 kali per tahun. Kalau kurang dari itu dan tidak rutin, bisa jadi Anda harus membayar ekstra untuk biaya penyetelan atau perawatan khusus lainnya.

 

Di Mana Piano Biasa Disimpan

Anda perlu waspadai piano yang telah disimpan di ruang bawah tanah, terutama kalau rumah tempat piano itu dulu letaknya di daerah rawan banjir.Suhu ekstrim dan juga fluktuasi tingkat kelembaban udara dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan piano.

 

Seberapa Sering Piano itu Digunakan

Perlu juga bagi Anda untuk menanyakan kepada sang penjual masalah seberapa sering piano itu dimainkan oleh pemilik sebelumnya. Hal ini ditujukan supaya Anda dapat mengetahui apakah piano tersebut sering tuning atau disetel dengan baik. Semakin sering piano tersebut digunakan, semakin pemilik sebelumnya juga perlu melakukan penyetelan secara rutin. Kalau tidak, maka piano tersebut bisa bermasalah.

Selanjutnya, jika memungkinkan, Anda perlu cari tahu mengenai sudah berapa banyak pemilik piano ini yang sebelumnya. Semakin panjang sejarah kepemilikan piano, semakin Anda perlu berhati-hati dalam memeriksa adanya tanda-tanda kerusakan. Jangan sampai lengah ketika Anda sedang memilih piano bekas, karena mudah sekali bagi Anda untuk tertipu.

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Sebuah piano merupakan salah satu investasi paling besar dan penting dalam hidup Anda, apalagi kalau Anda berniat untuk menjadi pemain piano profesional ataupun mendidik anak Anda untuk menjadi pemain musik profesional. Oleh karena itu perawatan piano juga harus Anda lakukan dengan baik.

Piano cukup mahal harganya, dan kalau tidak dirawat dengan baik, investasi Anda bisa sia-sia. Sebuah piano membutuhkan perhatian yang diberikan secara teratur dan juga perawatan yang baik. Banyak orang berpikir bahwa piano itu tidak mudah rusak dan tidak perlu dirawat pun tidak apa. Ini adalah pemahaman yang sama sekali tidak benar dan bisa berakibat fatal kepada piano kesayangan Anda.

 

Tahap Penting dalam Perawatan Piano

Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam perawatan piano demi memastikan piano kesayangan Anda dapat bertahan lama adalah:

  • Memeriksa Posisi Piano

Anda perlu menemukan tempat serta posisi yang tepat untuk menaruh Anda. Piano biasanya tidak akan dipindah-pindahkan dan bisa saja akan berada di satu tempat atau posisi sampai akhir masa pemakaiannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa dari awal Anda sudah menaruhnya di tempat yang benar. Jangan sampai piano berada di tempat di mana ia akan banyak tersenggol orang yang lewat. Suhu ruangan di mana piano Anda ditempatkan juga sebaiknya jangan terlalu panas dan terkena terik matahari, karena bisa membuat piano cepat rusak.

  • Pembersihan Piano

Kunci dalam pembersihan piano adalah bahwa piano tidak harus terlalu sering dibersihkan, tetapi pada saat Anda sedang melakukannya, lakukanlah dengan baik sampai benar-benar bersih. Anda perlu menyeka debu dengan kain yang sedikit basah. Lakukan berulang kali sampai seluruh bagian piano bersih dari kotoran dan debu.

  • Ventilasi Piano

Walaupun misalnya Anda sangat jarang menggunakan piano dan selalu mengunci piano tersebut supaya tidak dimainkan oleh anak-anak, penting bagi Anda untuk sesekali membuka kunci tersebut sehingga mendorong pergerakan bebas udara. Hal ini penting sekali untuk kesehatan semua barang yang terbuat dari kayu. Kalau sama sekali tidak terkena udara, malah bisa cepat rusak.

Mungkin Anda belum mampu untuk melakukan perawatan piano yang berhubungan dengan tuning sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda serahkan tugas ini kepada para profesional. Pastikan tuner yang Anda pekerjakan memang profesional dan banyak direkomendasikan. Pada tahun pertama, piano Anda akan disetel dua kali, yakni sekali di showroom dan sekali di rumah Anda. Setelah itu, dianjurkan untuk menyetel setidaknya sekali setahun di rumah Anda.

 

Ukuran piano yang besar dan tampak kokoh memang terkadang membuat orang berpikir bahwa piano itu alat yang tidak mudah rusak dan tidak perlu banyak perawatan. Tetapi sesungguhnya sebuah piano dibuat dengan cara tradisional, serta menggunakan banyak bahan kompleks yang dapat memiliki reaksi yang tak dapat diprediksi terhadap perubahan kondisi. Oleh karena itu, perawatan piano perlu dilakukan dengan baik.

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Piano sudah menjadi alat musik paling populer sejak diperkenalkan ke publik. Memiliki piano baru pasti akan menyenangkan bagi anda, terutama para penggemar alat musik ini. Memilih piano berkualitas memang membutuhkan waktu dan tenaga lebih untuk membandingkannya dengan merk atau jenis lainnya. Anda harus memperhatikan berbagi aspek yang harus menjadi kelengkapan sebuah piano.

Tidak hanya itu, dalam memutuskan akan menggunakan piano baru atau lama juga perlu menjadi perimbangan khusus. Dengan memperkirakan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing maka anda bisa lebih mudah untuk memutuskan mana yang akan dipilih. Jangan sampai salah dalam memilih dan akhirnya menyesal dengan pilihan tersebut.

 

Mempertimbangkan Piano Baru Dengan Tepat

Saat ini sudah banyak toko alat musik yang menyediakan berbagai pilihan piano baru untuk anda para customer. Banyaknya merk yang ditawarkan harus anda ketahui klasifikasinya masing-masing agar bisa melihat mana yang lebih unggul daripada lainnya. Tidak perlu khawatir karena tidak sulit mendapatkannya dimanapun anda berada.

Keputusan untuk membeli piano harus dipertimbangkan atas berbagai aspek dan kepentingan anda. Adanya budget besar yang harus dipersiapkan membuat anda harus sangat berhati-hati dalam memilih, karena kerugian akan didapatkan jika sudah terlanjur beli ternyata cepat rusak atau ada kecacatan lainnya. Sehingga mencermati cara memilih piano dengan baik dan benar menjadi penting untuk diketahui.

Berikut beberapa cara untuk memilih piano yang terbaik dan berkualitas.
• Perhatikan cat, warna dan kondisi fisiknya, termasuk kelapukan atau karat pada bahan
• Dengarkan bagaimana suara yang dihasilkan dengan mencoba memainkannya
• Lihat bagian dalam untuk memastikan mekaniknya berjalan dengan baik
• Tes juga kekuatan dari bahan piano tersebut
• Minta informasi mengenai nomor seri agar anda bisa mengatahui kapan tahun pembuatannya
• Periksa bagian sounboard apa kondisinya masih baik dan tidak lapuk atau lembab

Untuk melakukan pemilihan, jangan terpengaruh hanya dengan merk atau toko tertentu. Anda harus bisa membandingkan setiap keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing merk dan jenis. Begitu juga dengan harga yang harus dipersiapkan harus disesuaikan. Untuk mendapatkan keuntungan anda harus memastikan mengenai garansi yang diberikan penjual dan layanan antar. Sehingga anda bisa mendapatkan informasi pasti untuk budget tambahan yang harus dikeluarkan.

Cermat dan detail merupakan syarat untuk menjadi pembeli bijak, agar tidak sampai tertipu dengan tampilan baik namun kualitasnya tidak sesempurna itu. Jangan hanya melihat fisik yang bagus tetapi juga performanya saat dimainkan, apakah memberikan suara jernih dan cakupan nada bervariasi. Sebaiknya tidak membuat keputusan karena merk tersebut impor, karena belum tentu kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Diluar mekanisme permainan dan kualitasnya, anda harus memastikan bahwa pianonya bukanlah hasil rekondisi. Cara mengetahuinya adalah dengan memperhatikan bagian tuts hitam dan putih. Jika ditemukan bekas cat yang tidak rapi, maka bisa dipastikan piano tersebut sudah mengalami proses rekondisi dari awalnya. Sebaiknya anda tidak memilih piano baru dengan masalah seperti itu, karena anda justru akan rugi. Belum tentu kondisi awalnya bagus karena ditutupi dengan rekondisi tadi.

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

Meletakkan piano di dalam rumah membuat suasananya menjadi berbeda. Namun tidak harus selalu menggunakan piano baru agar terlihat bagus, tetapi piano bekas juga masih bisa menimbulkan kesan yang sama. Keunggulan piano bekas harus mulai dikenali agar anda tidak menyia-nyiakan sesuatu yang berpotensi besar mendatangkan keuntungan. Selain masalah harga, ada juga beberapa jenis sudah sulit ditemukan dalam kondisi baru. Tentu untuk bisa mendapatkannya harus mencari yang bekas.

Piano merupakan alat musik klasik yang akan terus memiliki pasaran penggemarnya. Beberapa merk ternama dunia dibuat dengan rumit dan cermat. Sehingga dengan mendapatkan produk tersebut, anda akan memiliki piano berkualitas dan awet. Meskipun bekas tetapi tetap memiliki sensitifitas yang bagus saat dimainkan, suaranya juga masih terdengar jernih.

Keunggulan Piano Bekas Dibandingkan yang Baru

Biasanya barang bekas sudah memiliki kondisi yang tidak prima lagi, tetapi tidak berlaku pada piano. Alat musik yang dibuat dengan cermat menjadikan keunggulan piano bekas tidak dimiliki oleh barang bekas lainnya. Keunggulan tersebut akan mendatangkan keuntungan besar jika dimanfaatkan untuk investasi dengan perencanaan yang matang. Modal yang dikeluarkan bisa menjadi berlipat jika anda berinvestasi secara benar.

Berikut beberapa keunggulan piano bekas yang bisa anda dapatkan.
• Bisa mendapatkan piano dari beberapa tipe yang sudah sulit ditemukan dalam kondisi baru karena sudah langka
• Harga yang bisa dinego untuk menyesuaikannya dengan budget yang ada
• Untuk fungsi investasi jika semakin klasik atau kuno maka akan semakin mahal
• Mendapatkan kualitas terbaik dari merk terkenal tanpa harus mengeluarkan budget yang sangat besar

Beberapa keunggulan tersebut harus diimbangi dengan kejelian pembeli dalam memilih piano yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk di dalamnya adalah ukuran piano yang sesuai dengan luas ruangan. Sehingga tidak akan salah memilih ukuran atau tipe untuk memenuhi kepentingan anda. Selain itu, pertimbangan pengguna seperti untuk pemula atau profesional juga perlu untuk disesuaikan lagi dari masing-masingnya.

Jangan terlalu mudah untuk mempercayai kata orang atau penjual. Sebaiknya dipastikan sendiri kualitas serta kondisi dari piano secara cermat dan mendalam. Banyak jenis dan tipe piano bekas ditawarkan tetapi belum tentu semuanya memiliki kualitas seperti keinginan anda. Selain fungsi untuk diri anda sendiri, dengan membeli piano bekas maka juga berarti melakukan kontribusi terhadap lingkungan. Hal tersebut dimaksudkan karena setiap piano yang sudah tidak dipakai akan mendapatkan pemilik barunya dan tidak harus dibuang begitu saja.

Proses pembuangan piano bekas pasti akan sangat berpengaruh pada kebersihan lingkungan yang sudah cukup bermasalah. Dengan begitu anda juga akan menolong lingkunan anda sendiri dengan menggunakan piano bekas sebagai furniture atau benar-benar memainkannya. Tidak hanya pembuangannya, tetapi juga untuk pembuatan sebuah piano dibutuhkan sekitar 300 kg bahan alami, sehingga justru proses tersebut merusak lingkungan pada dasarnya.

Banyak keunggulan piano bekas dan manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaanya. Bahkan manfaat tersebut tidak hanya untuk diri anda sendiri tetapi juga untuk lingkungan. Akhirnya manfaat tersebut juga akan memiliki efek jangka panjang.

http://butikpiano.com

Temmy - 08118689987

id_IDIndonesian